PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI MENGGUNAKAN MODEL COMPLETE SENTENCE BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA SISWA SD

Penulis

  • Nurlaili Nurlaili Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim
  • Zulkarnaini Zulkarnaini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim
  • Vira Fazira Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Kata Kunci:

menulis, teks narasi, complete sentence, video animasi

Abstrak

Kemampuan menulis teks narasi pada siswa SD rata-rata masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks narasi menggunakan model complete sentence berbantuan media video animasi dengan rancangan action research (Penelitian Tindakan Kelas). Data yang dideskripsikan adalah hasil tes, observasi, dan wawancara. Sumber data penelitian ini adalah siswa Kelas II SD Negeri 22 Peusangan yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase ketuntasan kemampuan siswa menulis teks narasi 68,75% dan pada siklus II persentasenya meningkat menjadi 87,5%. Persentase kegiatan proses pembelajaran berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas guru mencapai 85,38% pada siklus I dan pada siklus II 95,38%. Aktivitas siswa persentasenya mencapai 87,69% pada Siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 94,61%. Hasil wawancara dengan siswa didapatkan informasi bahwa siswa sangat menyukai, mudah paham belajar menulis teks narasi dengan model complete sentence berbantuan media video animasi.

Referensi

Ahmadi, Rulam. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Apriansyah, Ridwan, Muhammad, dkk. Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil). Volume 9, No. 1 Januari 2020 (8-18). Tersedia Online: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil.

Arifin, Barnawi, M. 2016. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gae, Nathalia, Angelina, dkk. 2021. Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Volume 5, Number 1, Tahun 2021, pp. 100-108. P-ISSN: 1979-7109 E-ISSN: 2615-4498. Tersedia online: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index

Helminsyah, Zaki, Fuad, A. 2018. Language Experience Approach Sebuah Pendekatan Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Volume 5:164-174: Tersedia Online: https://scholar.google.co.id/

Nurlaili. Nurmina dan Yusniar 2022. Penerapan Model Quantum Teaching dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi. Aliterasi: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra. Vo. 3 No.1: 55-62

Puspita. (2017). Efktivitas Penggunaan Media Video Animasi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 9 Tangerang Selatan. Jurnal UIN Jakarta. Tersedia Online: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil.

Suparno, dan Y. M. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Universitas Terbuka

Warso, Doso, Agus, Wasisto, Dwi. 2017. Pendidikan Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Wartini,cucu (2017). Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan. Mimbar Sekolah Dasar, Vol 4, No 3, Hal256-263. Tersedia Online: https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.853

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-31