Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Rantai dan Piramida Makanan
Kata Kunci:
Pendekatan STEAM; hasil belajar; rantai dan paramida makananPendekatan STEAM; hasil belajar; rantai dan paramida makananAbstrak
Penelitian ini didasari oleh permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi rantai dan piramida makanan, aktivitas guru dan siswa yang kurang maksimal serta respon siswa dikelas yang rendah merupakan suatu masalah yang mendasar di UPTD SD Negeri 4 Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa pada materi rantai dan piramida makanan melalui pendekatan STEAM di kelas V UPTD SD Negeri 4. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 4 Bireuen yaitu pada siklus I sebesar 68% dan meningkat pada siklus II sebesar 88%, Aktivitas guru pada siklus I sebesar 79,52% dan meningkat pada siklus II sebesar 90,47% dan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 81,42% dan pada siklus II meningkat sebesar 91,42% jadi taraf keberhasilan aktivitas guru dan siswa sudah tuntas berdasarkan observasi kedua pengamat termasuk kategori sangat baik. Respon siswa menunjukkan bahwa siswa kelas V UPTD SD Negeri 4 Bireuen memberi respon positif terhadap penerapan pendekatan STEAM dengan persentase sangat setuju 74,5%, setuju 24,9% dan tidak setuju 0,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan STEAM pada proses pembelajaran pada materi rantai dan piramida makanan.
Referensi
Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Biolearning Journal, 8(1), 24–26. https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1019
C. Asri Budiningsih. 2008. Pembelajaran Moral. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Eso, R., Napirah, M., Ode Safiuddin, L., & Agusu, L. (2022). Penerapan pembelajaran STEAM untuk meningkatkan keterampilan siswa SDN 3Sabilambo dalam memanfaatkan lingkungan sebagai media belajardi masa pandemik covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 10–15. https://japimas.uho.ac.id/index.php/journal
haderiah, kamaruddin hasan, heryanti alamsyah. (2022). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Pinisi Journal PGSD, 2(1), 166.
Nasrah, Humairah Amir, R., & Yuliana Purwanti, R. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Siswa Kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 1–13. https://36.89.54.123/index.php/jkpd/article/view/4166
Ni Ketut Resi Yuliar, S. W. H. (2020). Studi Literatur Pendekatan Pembelajaran Steam Menyongsong Era Society 5.0. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–8.
Prayogo, M. S. (2022). Penggunaan Model STEAM ( Science , Techonology , Engineering , Art , And Mathematics ) Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Kelas VA SD Negeri 2 Loloan Barat Niki Hidayah. Journal of Islamic Teaching, 5(2), 135–145.
Sa’ida, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 123–128. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p123-128
Supardi, Suhardjono, & Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.