Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Benda Padat, Cair dan Gas Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay
Kata Kunci:
model course review horay; hasil belajar; sifat-sifat benda padat.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda padat, cair dan gas melalui model pembelajaran course review horay (CRH) di kelas V SD Negeri 3 percontohan Peusangan. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 percontohan Peusangan yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda padat, cair dan gas siswa kelas V SD Negeri 3 percontohan Peusangan. Tindakan siklus I perolehan hasil belajar sebesar 35% dan meningkat pada siklus II sebesar 85%, aktivitas guru dengan persentase 84,28% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 88,57%, dan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 79,28% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88,57%, aktivitas guru dan siswa berdasarkan observasi kedua pengamat termasuk kategori baik. Respon siswa menunjukkan bahwa siswa SD Negei 3 Percontohan Peusangan memberi respon positif terhadap penerapan model pembelajaran course review horay dengan persentase sangat senang 75,5%, senang 14%, kurang senang 6,6%, dan tidak senang 3,8%. Penggunaan model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 percontohan Peusangan pada materi sifat-sifat benda padat, cair dan gas.
Referensi
Arikunto. 2009. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Edisi revisi 6. Jakarta: Renika cipta.
Creswell, John W. 2016. Research Desigh : Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif dan campuran. Edisi keempat (cetakan kesatu). Yogyakarta: pustaka pelajar.
Daryanto, (2013). Inovasi pembelajaran efektif. Bandung: Yrma widya.
Djamarah. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Renika cipta.
Fauzi. 2014. Manajemen pembelajaran edisi revisi : kurikulum nasional 2013. Yogyakarta: Deepublish.
Firosalia, Dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika). Vol. 3, No. 2, Oktober 2019, Hal. 87-92. p-ISSN 2597-7512 | e-ISSN 2614-1175. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam
Hamid. 2013. Metode penelitian pendidikan dan social. Bandung: Alfabeta.
Huda, 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Huda, 2015. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: pustaka belajar.
Huda, 2016. Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paraadigmatis. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada
Kurniasi dkk. 2015. Ragam pengembangan model pembelajaran untuk meningkatkan profesionalitas guru. Yogyakarta: Kata pena.
Kurniawan dkk. 2017. Pendidikan karakter: konsep dan implementasi secara terpadu din lingkungan keluarga, sekolah, peerguruan tinggi, dan masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Moleong. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja rosdakarya.
Moleong. 2005. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja rosdakarya.
Samidi. Dkk. 2016. Kompetisi dan profesionalisme guru ilmu pengetahuan alam (IPA) dan matematika. Medan: Larispa
Shoimin. 2017. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siska Wulandari dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan 4 (1): 15 – 27. Volume 4, Issue 1, June 2019. E-ISSN: 2548-7892 & P-ISSN: 2527-4449
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. J Adi Widya: Jurnal pendidikan dasar, 4(1), 29-39.
Supijono. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: pustaka media.
Susanto. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: kencana prenada media group.
Susanto. (2016). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Prenada media group.
Trianto. 2014. Model pembelajaran terpadu. Jakarta: bumi aksara.
Triyanti, M., Harmoko, & Lestari, N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Motivasi Siswa Kelas X Sma Negeri Jayaloka. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(2), 99-108.
Usman, Husaini. (2013). Manajemen: Teori, praktik dan riset pendidikan – Ed.4,cet.1-. Jakarta: Bumi aksara.