Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR)
Kata Kunci:
Hasil belajar; model pembelajaran AIR; gaya.Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa dan respon siswa kelas IV SD Negeri 4 Peudada melalui model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repatition (AIR) pada materi macam-macam gaya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Data yang digunakan yaitu data hasil tes siklus, hasil observasi dan hasil angket respon siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Peudada. Teknik Pengumpulan Data yaituTes, Pengamatan (observasi) dan Angket. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Peudada dengan menggunakan modelPembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR)pada materi macam-macam gaya, pada siklus I diperoleh 39% yang tuntas, siklus II diperoleh 89% yang tuntas. Aktivitas guru dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Peudada dengan menggunakan modelPembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) pada materi macam-macam gaya yaitu kegiatan guru siklus I tindakan I adalah 73%, tindakan II 80,5%. Siklus II tindakan I adalah 87%, tindakan II adalah 98% sedangkan kegiatan siswa siklus I tindakan I adalah 71,17% dan tindakan II 80%. Siklus II tindakan I 87% dan tindakan II 98%.Respon siswa kelas IV SD Negeri 4 Peudada dengan menggunakan modelPembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) pada materi macam-macam gaya pada siklus I dan siklus II, diperoleh bahwa umumnya siswa sangat setuju dan setuju terhadap kegiatan pembelajaran pada siklus I dan siklus II.
Referensi
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa dan respon siswa kelas IV SD Negeri 4 Peudada melalui model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repatition (AIR) pada materi macam-macam gaya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Data yang digunakan yaitu data hasil tes siklus, hasil observasi dan hasil angket respon siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Peudada. Teknik Pengumpulan Data yaituTes, Pengamatan (observasi) dan Angket. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Peudada dengan menggunakan modelPembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR)pada materi macam-macam gaya, pada siklus I diperoleh 39% yang tuntas, siklus II diperoleh 89% yang tuntas. Aktivitas guru dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Peudada dengan menggunakan modelPembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) pada materi macam-macam gaya yaitu kegiatan guru siklus I tindakan I adalah 73%, tindakan II 80,5%. Siklus II tindakan I adalah 87%, tindakan II adalah 98% sedangkan kegiatan siswa siklus I tindakan I adalah 71,17% dan tindakan II 80%. Siklus II tindakan I 87% dan tindakan II 98%.Respon siswa kelas IV SD Negeri 4 Peudada dengan menggunakan modelPembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) pada materi macam-macam gaya pada siklus I dan siklus II, diperoleh bahwa umumnya siswa sangat setuju dan setuju terhadap kegiatan pembelajaran pada siklus I dan siklus II.