Pengaruh Penggunaan Alat Praktikum IPA Terhadap Respon Emosional Siswa Terhadap Pembelajaran
Kata Kunci:
Ilmu Pengetahuan Alam; alat praktikum; respon emosional.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan alat praktikum Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terhadap respon emosional siswa Sekolah Dasar (SD) dalam konteks pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah studi paragram, yang memadukan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian terdiri dari siswa SD kelas IV dan V. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi perubahan respon emosional siswa sebelum dan setelah penggunaan alat praktikum IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat praktikum memiliki dampak positif terhadap respon emosional siswa, seperti peningkatan minat, keterlibatan, dan kegembiraan dalam pembelajaran IPA.Studi ini juga mengungkapkan bahwa siswa cenderung mengaitkan pengalaman praktikum dengan pembelajaran yang lebih bermakna dan mengesankan. Implikasi temuan ini dapat membantu pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan motivasi dan respon emosional siswa terhadap mata pelajaran IPA di tingkat Sekolah Dasar. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi respon emosional siswa secara lebih mendalam dan melibatkan variasi alat praktikum untuk menilai dampaknya secara lebih luas.
Referensi
Abd Rahman BP, Dkk. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Makassar. Al Urwatul Wutqsa.
Andi, S. (2023). Peranan Laboratorium Pendidikan Untuk Menunjang Proses Perkuliahan. Artikel ARO Gapopin.
Arief, M. (2022). Keterampilan Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) MI/SD dan Sikap Ilmiah. Darussalam, 22(2).
Akhmad, N. A., Samsi, A. N., Ahmad, F., & Nur, S. (2022). Pelatihan Praktikum Ipa Berbahan Lingkungan Sekitar Pada Guru IPA SMP Kabupaten Maros. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11), 3115-3122.
Bahtiar, B., & Maimun, M. (2022). Pengaruh model Discovery Learning melalui kegiatan praktikum IPA Terpadu terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 134-142.
Darmayanti, N. W. S., Wijaya, I. W. B., & Haifaturrahmah, H. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Bidang Studi IPA Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Praktikum Berorientasikan Lingkungan Sekitar Rumah. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 139-143.
Elda, Irawati. 2019. Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN 76 Kota Bengkulu. Bengkulu
Hartanto, T. J., Ariadi, P., Dinata, C., Pratama, A., Handriani, R., Nawir, M., & Qadariah, A. (2023). Pelatihan Penggunaan Alat-Alat Laboratorium pada Topik Kelistrikan dan Kemagnetan bagi Guru IPA dan Peserta Didik SMP Negeri 5 Palangka Raya. 5(3), 1200–1208.
Lestari, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD GMIM 2 Woloan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1349–1358.
Respon, A., Terhadap, S., Peraga, A., Mata, P., Ipa, P., Di, K. V, Koripan, S. D. N., Ponorogo, B., Pendidikan, J., Madrasah, G., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2023). Analisis respon siswa terhadap pengoptimalan alat peraga pada mata pelajaran ipa kelas v di sdn koripan bungkal ponorogo.
Wati, F., Ipa, D. P., Matematika, F., & Padang, U. N. (2023). Bimbingan Teknis untuk Melatih Keterampilan Guru SMP / MTs dalam Penggunaan Alat Peraga dan KIT IPA. 5(3), 1279–1287.
Zalianti, T. (2023). Pengembangan Alat Peraga Fotosintesis Sebagai Penunjang Praktikum Fisiologi Tumbuhan (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).