Penerapan Metode PQ4R Pada Materi Membaca Teks Petunjuk Penggunaan Alat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Nurmina Nurmina Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh
  • Nurlaili Nurlaili Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh
  • Rahmansyah Rahmansyah Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh

Kata Kunci:

kemampuan; membaca; teks petunjuk; PQ4R.

Abstrak

Rendahnya kemampuan membaca teks petunjuk penggunaan alat pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Percontohan, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen mrupakan dasar dari dilakukannya penelitian ini. Tujuannya untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca teks petunjuk penggunaan alat, mendeskripsikan aktivitas siswa dan guru, serta mendeskripsikan respon siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode PQ4R di kelas IV SD Negeri 3 Percontohan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini berupa hasil tes, hasil pengamatan oleh dua orang pengamat, serta hasil respon siswa dari siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam membaca teks petunjuk penggunaan alat melalui pembelajaran yang menggunakan metode PQ4R. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes siklus I persentase ketuntasannya 20,83% meningkat menjadi 95,83% pada siklus ke II. Begitu juga dengan hasil pengamatan aktivitas siswa dari 74% pada siklus I, meningkat menjadi 94%, sedangkan hasil pengamatan terhadap aktivitas guru dari 74% pada siklus I meningkat menjadi 91,33% pada siklus II. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode PQ4R juga menunjukkan kemauan dan kesukaan siswa  belajar membaca penggunaan teks petunjuk dengan metode PQ4R. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan metode PQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca teks petunjuk penggunaan alat pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Percontohan, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen.

Referensi

Anggito, A. dan J. S. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Huda, F. A. (2017). Pengertian Dan Langkah-Langkah Strategi Pembelajaran Pq4r. Fatkhan.Web.Id. https://Fatkhan.Web.Id/Pengertian-Dan-LangkahLangkah-Strategi-Pembelajaran-Pq4r/

Ida Ayu Widiyanthi, Ida Ayu, dkk. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar TIK SiswaKelas VIII. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php

Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosda Karya.

Nurlaili, dkk. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman SiswaSekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Complete Sentence Berbantuan media Video Animasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Genta Mulia, 14(1), 27–36.https://doi.org/https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.778

Nurhadi 2016. Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.

Pamuji, S. S. dan I. S. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. HukumPidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376.https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Salsabila, D. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman pada SD Negeri Karang Tengah 12 Kota Tengerang. Pendidikan Dasar Jurnal, 14 (1). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/37860

Ratnawuri, Triani. dkk. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1Metro. Pendidikan Ekonomi UM Metro, 6(2), 117–128. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/pro.v6i2.1698

Trianto. (2014). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif-Progresif:Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-30