Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media ICT Pada Materi Gaya Dengan Gerak Dalam Peristiwa

Penulis

  • Meisara Meisara Universitas Almuslim
  • Ety Mukhlesi Yeni Universitas Almuslim

Kata Kunci:

Gaya dengan gerak dalam peristiwa, model pembelajaran Discovery Learning.

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran di kelas IV SD Negeri 10 Peusangan. Adapun upaya yang peneliti lakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan cara menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media ICT. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Discovery learning berbantuan media ICT di kelas IV SD Negeri 10 Peusangan pada materi gaya dengan gerak dalam peristiwa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian berupa hasil tes belajar IPA materi gaya dengan gerak dalam peristiwa pada siklus 1 memperoleh skor persentase 61%, meningkat pada tes siklus II dengan skor persentase 80%. Hasil observasi guru pada pengamatan siklus 1 sebesar 67.25%, meningkat pada siklus II sebesar 90,5%. Sementara hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 64,75%, meningkat pada siklus II mencapai 87,25%. Hasil respon siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media ICT pada materi gaya dengan gerak dalam peristiwa secara keseluruhan adalah sangat baik.

Referensi

Arikuto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka

Bustami. 2016. Pengembangan Pendekatan Discovery learning dengan Pola Kelompok Ramedial untuk Meningkatkan Ketuntasan dan Motivasi Belajar Fisika pada Siswa SMPN 2 Sakti Kabupaten Pidie. Jurnal Pendidian Sains Indonesia. Vol 04. No. 02. Hal 1-5

Daryanto, 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Firmansyah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika. Volume 3 Nomor 1

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, L.J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nidawati. 2013. Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Agama. Jurnal Pionir, Volume 1, Nomor 1

Pratiwi. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery learning (Belajar Tuntas) terhdap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA’ Aisyiyah 1 Palembang. Jurnal Moosharafa. Vol. 6. No. 1. Hal 81-92.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syarifuddin. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang. TA’DIB, Vol. XVI, No. 01

Sugiyono. 2012. Model penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta

Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Surya. 2015. Model Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Wena. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-31