Penggunaan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Peserta Didik Kelas II SD

Penulis

  • Nurlaili Nurlaili Universitas Almuslim
  • Nurmina Nurmina Universitas Almuslim
  • Aiman Nurdin Universitas Almuslim

Kata Kunci:

media; pop up book; kemampuan membaca permulaan.

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena ditemukan masih banyak peserta didik kelas II SD yang belum mampu membaca permulaan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca, serta keberhasilan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan media Pop-Up Book di SD Negeri 5 Peusangan. Data penelitian yang diambil adalah hasil uji membaca secara nyaring per peserta didik, serta hasil dari amatan para pengamat ketika pembelajaran berlangsung. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa kemampuan membaca peserta didik kelas II SD Negeri 5 Peusangan mengalami peningkatan ketika dibelajarkan dengan menggunakan media Pop-Up Book. Peningkatannya dapat dilihat dari hasil uji sebelum menggunakan media Pop-Up Book yaitu sebanyak 50%, menjadi 75% yang berhasil mencapai nilai KKM pada siklus I dan pada siklus II bertambah lagi menjadi 87,5%. Kegiatan guru dan siswa juga terlihat aktif baik di siklus I maupun di siklus II. Keaktifannya mencapai 88% untuk aktivitas guru pada siklus II dan 86 % untuk aktivitas peserta didik. Penggunaan media Pop-Up Book ini masih sedikit terkendala karena media yang dibuat hanya untuk per kelompok dan dibuat dari kertas origami serta kertas karton. Sarannya untuk peneliti yang ingin melakukan penelitian menggunakan media Po-Up Book sebaiknya membuat media Pop-Up Book untuk setiap peserta didik dan dibuat lebih permanen dengan menggunakan kain flannel.

Referensi

Annisa, putri D (2019) Penggunaan Papan Alfabet dan Kartu Hurus dalam Meningkatkan Membaca Permulaan pada Anak Kelompok B di TK Al-Aqsha Parepare. JournalAnakjurnal@gmail.com.

Arsyad, Azhar (2007) Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Dewanti, H.dkk. (2018) Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3).

Dzuanda (2011) Design Pop Up Child Book Puppet Figures Series Gatot Kaca. Jurnal Library ITS Undergraduate.http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate5380-3402100054-abstract%20id.pdf

Guslinda dan Kurnia (2018) Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jakad Publishing

Jannah, Aisyah Raudhatul, Lukman Hamid, dan Rostika Srihilmawati (2023) Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Usia Dini. Jurnal Keislaman dan Pendidikan. Vol.1,No.2, Hal. 1-7. ISSN:2721-5504. Tersedia Online: https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/10/9

Nengsi, Refita, D (2020) Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V pada Pembelajaran IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita. Skripsi. Tersedia Online: https://repository.bbg.ac.id/handle/964

Nurlaili, Zulkarnaini dan Vira Vazira (2023) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Complete Sentense Berbantuan Media Video Animasi. Genta Mulia Jurnal ilmiah Pendidikan. Vol. XIV, No.1, Januari 2023, pISSN:23016671.

Setiyaningrum, R. (2020) Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi Covid-19. 2016, 217-218.

Setyastuti, C.D (2022) Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas 1 SDN Munggung, Karangdowo, Klaten, Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(1).

Setydhani, R.D (2025) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Mellaui Media Kartu Kata Bergambar di Kelas B TK ABA Gedongkiwo Mantrijen Yogyakarta. Skripsi. https://eprints.uny.ac.id/15785/2/3.BABII.pdf

Sukmawati dan Haslinda (2023) Pengaruh Media Pop-Up BookTerhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 UPTD SD Negeri 76 Barru. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa. Vol.1, No.2 Juni 2023, Hal. 22-31. E-ISSN:2986-3449; p-ISSN:2986-4194. Tersedia Online: https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jmpb-widyakarya/article/view/255/266

Sylvia, I.N dan Hairiani, N (2015) Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2): 1196-1205

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-31