Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Materi Menggolongkan Hewan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery

Penulis

  • Emilia Siska Universitas Almuslim

Kata Kunci:

hasil belajar; model pembelajaran discovery; menggolongkan hewan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakagi oleh permasalahan bahwa dalam pembelajaran IPA di kelas IV guru masih menggunakan metode yang konvensional. Akibatnya, rata-rata siswa memperoleh hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model pembelajaran Discovery. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa kelas IV SD Negeri 22 Peusangan melalui model pembelajaran Discovery pada materi menggolongkan hewan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 22 Peusangan yang berjumlah 12 orang siswa. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data pada siklus I aktivitas guru sebesar 83% dan aktivitas siswa 85%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus II sebesar 95% dan aktivitas siswa sebesar 97%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 33% dan pada siklus II sebesar 92%. Respon siswa terhadap pembelajaran sudah cukup baik, dimana yang menyatakan setuju sebesar 90% dan yang menyatakan tidak setuju sebesar 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menggolongkan hewan serta aktivitas guru dan siswa sudah berlangsung dengan baik serta mendapatkan respon yang baik dari siswa.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Penerbit: PT Rineka Cipta.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional.

Haryanto. 2006. SAINS Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Erlangga, Jakarta.

Istarani. 2012. Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Medan: Media Persada.

Moleong, lexy J. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2012. Evaluasi Hasil Belajar. Penerbit : Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana. Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sulistyanto. 2008. Dasar-Dasar Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.

Sudjiono. 2005. Kriteria Penilaian Hasil Belajar. Kencana: Jakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Reneka Cipta.

Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi Edisi Revisi. Bireuen. FKIP Universitas Almuslim.

Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30