Meningkatkan Kemampuan Menggali Informasi Melalui Membaca Model Pembelajaran Think Pair and Share
Kata Kunci:
hasil belajar siswa; menggali informasi melalui membaca; TPS.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 3 Bireuen terhadap materi menggali informasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 3 Bireuen yang berjumlah 33 orang siswa dengan subjek wawancara 3 orang siswa yang terdiri dari 1 orang berkemampuan tinggi, 1 orang berkemampuan sedang, dan 2 orang berkemampuan rendah. Data dikumpulkan dalam penelitian ini bersumber dari tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Data diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi menggali informasi dikelas II SD Negeri 3 Bireuen. Hal ini terlihat dari hasil tes akhir yang peneliti lakukan. Data hasil tes siklus I diperoleh persentase ketuntasan sebanyak 80% dan pada siklus II diperoleh persentase 39,39% dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 35,14%. Pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, hasil observasi yang dilakukan oleh 2 orang pengamat menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan melalui pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think and Pair Share. Selanjutnya hasil wawancara yang peneliti lakukan dengan subjek wawancara dalam penelitian ini menunjukkan bahwa respon siswa kelas II SD Negeri 3 Bireuen terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair and Share sangat positif. Siswa menyatakan bahwa mereka senang belajar dengan menggunakan model Pembelajaran Think Pair and Share
Referensi
Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.
Bukhari. 2010. Keterampilan Berbahasa. (Membaca dan Menulis). Banda Aceh.
Buku Pedoman Penulisan Skripsi. 2013. Fakultas Keguruan dani lmu Pendidikan Universitas Almuslim. Bireuen.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Istarani.2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.
Tarigan. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.
Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd. 2012 Perencaan Pembelajaran Bumi Aksara Jl. Sawo Raya No.18 Jakarta.