Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Materi Pengaruh Perkembangan Teknologi di Kehidupan Masyarakat

Penulis

  • Hendri Wiras Universitas Almuslim

Kata Kunci:

hasil belajar; group investigation; pengaruh perkembangan teknologi di masyarakat.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi materi pengaruh perkembangan teknologi di masyarakat, hal ini disebabkan karena guru dalam mengajar materi sifat-sifat bangun datar belum menggunakan model pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk belajar aktif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mencoba suatu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model pembelajaran Group Investigation (GI), dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 27 Peusangan pada materi materi pengaruh perkembangan teknologi di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Jangka yang berjumlah 18 orang. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Data diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas V SD Negeri 27 Peusangan pada materi materi pengaruh perkembangan teknologi di masyarakat. Hal ini terlihat pada tes akhir siklus I, persentase siswa yang memperoleh nilai 65 adalah 61,11% dan pada tes akhir siklus II meningkat menjadi 88,89%. Siswa kelas IV SD Negeri 27 Peusangan senang belajar materi materi pengaruh perkembangan teknologi di masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI). Aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dan siswa terlihat sangat antusias dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi materi pengaruh perkembangan teknologi di masyarakat.

Referensi

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjino, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Komalasari, Kokom. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.

Maimunah, 2005. Pembelajaran Kooperatif Model GI. Malang: Universirtas Negeri Malang.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto, 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruuhi nya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres.

Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Groub.

Usman dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh: Darussalam.

Wena, 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Konteporer. Jakarta: Bumi Aksara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30