Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Pokok Bahasan Daur Hidup Hewan Melalui Model Snowball Throwing
Kata Kunci:
hasil belajar; daur hidup hewan; model pembelajaran snowball throwing.Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar yang selama ini diterapkan pada mata pelajaran IPA khususnya materi daur hidup hewan belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan guru serta respon siswa kelas IV SD menggunakan model pembelajaran snowball throwing materi daur hidup hewan. Sumber data adalah siswa kelas IV SD Negeri 6 Peusangan yang berjulah 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 1. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi daur hidup hewan tergolong dalam kategori baik pada siklus I persentase sebesar 11% dan yang tidak tuntas sebesar 89% sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 83% dan hasil yang tidak tuntas sebesar 17 % peningkatan terjadi sebesar 72%. Aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran materi daur hidup hewan Snowball Throwing dapat dikatakan berjalan dengan lancar. Peningkatan aktivitas belajar mengajar telah berlangsung dengan baik. Ini terlihat dari hasil observasi siklus I dan II mengalami peningkatan dari pihak guru pada siklus I persentase sebesar pada siklus I persentase sebesar 75,8% dan pada siklus II naik sebesar 96,3 % sedangkan pihak siswa siklus 75% dan siklus II naik sebesar 94,3%. Renspon siswa pada materi daur hidup hewan dengan menggunakan model Snowball Throwing. Peningkatan respons siswa pada kategori menjawab “suka” sebesar 80,5% dan menjawab “tidak suka” sebesar 19,5%. Maka secara keseluruhan bahwa siswa menyukai proses pembelajaran, dan siswa mau pembelajaran dilaksanakan pada materi-materi lain dengan menggunakan model Snowball Throwing.
Referensi
Moleong, Lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rineka Cipta
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta