Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Volume Kubus dan Balok

Penulis

  • Mahfudhah Mahfudhah Universitas Almuslim

Kata Kunci:

hasil belajar; problem based learning; volume kubus dan balok.

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika khususnya pada materi volume kubus dan balok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa dan untuk mengetahui respon siswa pada materi volume kubus dan balok melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data adalah hasil belajar, aktivitas guru dan siswa dan data respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh (1) dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok yang diperoleh dari hasil tes siklus I 58% siswa tuntas dan meningkat pada siklus II yaitu 85% dan ini mengalami peningkatan sebesar 27%. (2) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yaitu aktivitas guru siklus I 78,1% meningkat pada siklus II yaitu 93,125%. Aktivitas siswa pada sikus I 73,75% meningkat pada siklus II menjadi 89,37%. (3) respon siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning sangat baik, dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning siswa lebih mudah memahami materi volume kubus dan balok.

Referensi

Agustin, V. N. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1).

Fauzi, A, H. 2021.Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Kubus dan Balok. Jawa Barat : Media Sain Indonesia, (Online), (www.Medsan.co.id) diakses 18 Januari 2024.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47 Hartata, R. 2020. Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sejarah Dengan Problem Based Learning (PBL). Jateng : Penerbit Lakeisha, (Online) (www.Penerbitlakeisha.com) diakses 18 Januari 2024.

Sugiarto.2021. Mendongkrak Hasil Belajar Matematika Menggunakan PBL Berbantuan GCA.Jaten: Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia, (Online), (gumunnusantara@gmail.com) diakses 18 Januari 2024

Septantiningtyas, N. Dhofir, M & Husain, W, M. 2020.PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha, (Online), (www.penerbitlakeisha.com) diakses 2 Januari 2024.

Sudiyono.2020. Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.Jawa Barat : Penerbit Adab, (Online), (http://www.PenerbitAdab@gmail.co m) diakses 2 Januari 2024.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Vebrianto, R. Susanti, R. Annisa. Nurhadi.Mutia, D, A. & Ningsih, S, A. 2021.Problem Based Learning Untuk Pembelajaran Yang Efektif di SD/MI.Pekanbaru: Dotplus Publisher, (Online), (redaksidotplus@gmail.com) diakses 18 Januari 2024.

Yusuf, M.A. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA, (Online), (www.prenadamedia.com). diakses 15 Januari 2024.

Yunita, S. 2020. Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK. Banjit: Ahlimedia Press, (Online), (www.ahlimedia.com) diakses 18 Januari 2024

Zammilah, R. 2012. Dr. Matematika Mengenalkan Geometri Ruang. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka (Persero), (Online), (http://www.balaipustaka.co.id) diakses 2 Januari 2024.

Warso, A, W, D, D. 2021.Mengenal Penelitian Tindakan Kelas dan Dilengkapi Contohnya.Yogyakarta : Deepublish, (Online), (www.deepublishh.co.id) diakses 6 Februari 2024

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30