Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Melalui Model Numbered Head Together

Penulis

  • Nita Rosita Universitas Almuslim

Kata Kunci:

hasil belajar; menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya; NHT.

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar yang selama ini diterapkan pada mata pelajaran IPA khususnya materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa dan guru serta respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran NHT pada materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya. Sumber data adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Peusangan yang berjulah 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Peusangan dengan menggunakan model pembelajaran NHT pada materi menggolongkan hewan siklus I adalah 65% meningkat menjadi 85% siswa yang tuntas pada siklus I dengan peningkatan 20%. Aktivitas guru dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Peusangan dengan menggunakan model pembelajaran TPS pada materi menggolongkan hewan yaitu Persentase rata-rata kegiatan guru siklus I adalah 75% meningkat menjadi 93.3% pada siklus II dengan peningkatan 18.3%. Persentase rata-rata kegiatan siswa siklus I adalah 65% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92% dengan peningkatan sebesar 27%. Respon siswa kelas IV SD Negeri 4 Peusangan dengan menggunakan model pembelajaran NHT pada materi menggolongkan hewan pada siklus I dan siklus II, diperoleh bahwa umumnya siswa sangat setuju dan setuju terhadap kegiatan pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Hal ini terbukti bahwa sebesar 65% siswa menyatakan sangat setuju, sedangkan siswa yang setuju sebesar 21% terhadap model pembelajaran NHT.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persad

Kemendikbud. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam Buku Guru Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Maidiyah, 2008. Metode Mengajar. Jakarta: Gramedia

Moleong, L.X. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rineka Cipta

Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers

Slavin. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Warso. Agus Wasisto Dwi Doso. 2017. Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakrta: Graha Cendikia

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30