Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Materi Menggolongkan Hewan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery
Kata Kunci:
pendekatan realistic; hasil belajar; operasi hitung pecahan.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung pecahan melalui pendekatan realistik dikelas IV SD Negeri 1 Kuala. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Kuala yang berjumlah 17 siswa dengan 5 siswa sebagai subjek wawancara yaitu 1 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Data dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir siklus, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Pengolahan data penelitian menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung pecahan di kelas IV SD Negeri 1 Kuala. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada tes awal 11,76%, pada tes akhir siklus I meningkat menjadi 70,59% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 88,24%. Aktivitas guru dan siswa terhadap penerapan pendekatan realistik tergolong baik. Hasil perolehan persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 77,14% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,86% yang termasuk dalam kategori baik sekali. Perolehan akhir untuk aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa yang diperoleh dari pengamatan dua orang pengamat adalah 72,29% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,14%. Respon siswa menggunakan pendekatan realistik pada materi operasi hitung pecahan di kelas IV SD Negeri 1 Kuala ternyata mendapat respon yang baik dari siswa. Siswa senang belajar dengan pendekatan realistik karena dapat membantu siswa dalam mempelajari dan memahami materi operasi hitung pecahan.
Referensi
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi aksara
Ariyadi Wijaya. 2012. Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif. Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Damayanti, Nia Wahyu, dkk. 2017. Konstruksi Rumus Luas Lingkaran Berbasis Media Manipulatif Dalam Setting Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmiah Edutic /Vol.3, No.2, Mei 2017 p-ISSN 2407-4489 e-ISSN 2528-7303.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke. Cipta.
Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Penerbit Tulip.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Januarti. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Operasi Hitung di Kelas I SD Unggul Terpadu Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Indonesia Volume 3 Nomor 1 p-ISSN 2476-9886 e-ISSN 2477-0302.
Kurino, Yeni Dwi. 2017. Penerapan Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Volume Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017 p-ISSN: 2442-7470 e-ISSN: 2579-4442.
Maidiyah, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas syiah kuala
Marzuki. 2010. Pembelajaran Matematika SD-Kelas Tinggi. UPT-Perpustakaan Universitas Almuslim Birueun: Aceh.
Maslihah, Siti. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Sebagai Pendekatan Belajar Matematika. Jurnal PHENOMENON, Volume 2 Nomor 1, Juli 2012
Moleong. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ningsih, Seri. 2014. Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. JPM IAIN Antasari Vol. 01 No. 2 Januari – Juni 2014, h. 73-9
Prawiyogy, Anggy Giri. 2017. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa SD. Jurnal Sekolah Dasar Vol. 2 No. 1 ISSN: 2528-2883
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sari, Gusliana, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Talking Chips Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam Basa di SMAN 1 Meureubo Aceh Barat. Prosiding Seminar NasionaL MIPA III ISBN 978-602-50939-0-6
Suharito, Sri Kuncoro Suharito & Agustina Tyas Asri Hardini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas II SD N Werdoyo Grobogan. Joyful Learning Journal 6 (2) (2017) ISSN 2252-6366.
Suherman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Yulidar. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 16 Juli pada Materi Jarak, Waktu dan Kecepatan melalui Pendekatan Realistik. Bireuen: FKIP Universitas Almuslim
Wahyudi. 2015. Pengembangan Model Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Bagi Mahasiswa Prodi PGSD FKIP UNS Kampus Kebumen. Jurnal Paedagogia, Vol. 18 No. 2 Tahun 2015 ISSN 1026-4109