Peningkatan Pemahaman Siswa Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Materi Pesawat Sederhana
Kata Kunci:
CTL, Pemahaman, Pesawat SederhanaAbstrak
Rendahnya pemahaman siswa pada materi pesawat sederhana merupakan permasalahan yang mendasar bagi siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) peningkatan pemahaman siswa; 2) aktivitas guru dan siswa, 3) respon siswa terhadap model pembelajaran CTL. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 2 Peusangan Siblah Krueng yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan diamati oleh dua orang pengamat yang mengamati aktivitas guru dan siswa. Disetiap akhir siklus dilaksanakan tes untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini tes, lembar observasi dan angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan pemahaman siswa disetiap siklusnya mengalami peningkatan, siklus I memperoleh persentase peningkatan 80,9% dan siklus ke II memperoleh persentase peningkatan 95,3%; 2) aktivitas guru siklus I persentase yang diperoleh 78,5% tergolong dalam kategori cukup baik dan mengalami peningkatan pada siklus kedua menjadi 86,6% tergolong dalam kategori baik, dan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 73,5% tergolong dalam kategori cukup baik dan mengalami peningkatan sebesar 82,6% pada siklus II tergolong dalam kategori baik.; 3) penerapan model pembelajaran CTL pada materi pesawat sederhana ternyata mendapat respon positif dari siswa. Secara umum respon tergolong baik dengan persentase 77%.
Referensi
Agustin, V. N. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1).
Fauzi, A, H. 2021.Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Kubus dan Balok. Jawa Barat : Media Sain Indonesia, (Online), (www.Medsan.co.id) diakses 18 Januari 2024.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47 Hartata, R. 2020. Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sejarah Dengan Problem Based Learning (PBL). Jateng : Penerbit Lakeisha, (Online) (www.Penerbitlakeisha.com) diakses 18 Januari 2024.
Sugiarto.2021. Mendongkrak Hasil Belajar Matematika Menggunakan PBL Berbantuan GCA.Jaten: Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia, (Online), (gumunnusantara@gmail.com) diakses 18 Januari 2024
Septantiningtyas, N. Dhofir, M & Husain, W, M. 2020.PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha, (Online), (www.penerbitlakeisha.com) diakses 2 Januari 2024.
Sudiyono.2020. Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.Jawa Barat : Penerbit Adab, (Online), (http://www.PenerbitAdab@gmail.co m) diakses 2 Januari 2024.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Vebrianto, R. Susanti, R. Annisa. Nurhadi.Mutia, D, A. & Ningsih, S, A. 2021.Problem Based Learning Untuk Pembelajaran Yang Efektif di SD/MI.Pekanbaru: Dotplus Publisher, (Online), (redaksidotplus@gmail.com) diakses 18 Januari 2024.
Yusuf, M.A. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA, (Online), (www.prenadamedia.com). diakses 15 Januari 2024.
Yunita, S. 2020. Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK. Banjit: Ahlimedia Press, (Online), (www.ahlimedia.com) diakses 18 Januari 2024
Zammilah, R. 2012. Dr. Matematika Mengenalkan Geometri Ruang. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka (Persero), (Online), (http://www.balaipustaka.co.id) diakses 2 Januari 2024.
Warso, A, W, D, D. 2021.Mengenal Penelitian Tindakan Kelas dan Dilengkapi Contohnya.Yogyakarta : Deepublish, (Online), (www.deepublishh.co.id) diakses 6 Februari 2024