Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Crossword Puzzle

Penulis

  • Novi Nurliza Universitas Almuslim

Kata Kunci:

peningkatan; kemampuan membaca pemahaman; metode crossword puzzle

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh adanya problematika kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di SD yang rendah dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman Siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa menggunakan metode crossword puzzle. Sumber data adalah siswa kelas IV berjumlah 20 orang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode crossword puzzle dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hasil ketuntasan tes akhir siklus I adalah 40%, meningkat menjadi 95% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 55%. Peningkatan ketuntasan kemampuan membaca pemahaman siswa dari siklus I ke siklus II dinyatakan meningkat. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode crossword puzzle tergolong sangat baik. Rata-rata persentase aktivitas guru siklus I 75,7% dan terjadi peningkatan pada siklus II hingga 95,7%. Persentase aktivitas siswa siklus I 74,2% dan siklus II 97%. Respon siswa terhadap penerapan metode crossword puzzle katagori baik yaitu berdasarkan hasil analisis respon siswa diperoleh hasil bahwa secara umum siswa sangat setuju belajar dengan menggunakan metode crossword puzzle dengan persentase 81,5%, setuju diajarkan dengan model pembelajaran ini 18%. Kemudian, kategori kurang setuju 0,5%. Berdasarkan analisis hasil angket respon siswa selama proses belajar mengajar dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa memberikan respon sangat setuju terhadap metode crossword puzzle khususnya pada materi membaca pemahaman, karena dapat meningkatkan proses belajar secara menyenangkan.

Referensi

Arikunto, S., 2007, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi. Revisi VI hal 134, Rineka Apta, Jakarta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo.

Erniati, Kartono, Siti Halidjah. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik Di Kelas I Sekolah Dasar Negeri 18 Sadaniang. Jurnal Artikel Penelitian. Universitas Tanjungpura. Vol 2, No 7 (2013) > F34211278 https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2463/2425

Fitroh Ida Nuriyah, Imam Suyanto dan M. Chamdani. 2013. Metode Permainan Crossword Puzzle Dalam Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Kelas IV SD. FKIP Universitas Sebelas Maret.

Hisyam Zaini. 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kurniawati, Rikke. 2012. Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Xii Sma Di Surabaya. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 01 Nomor 01 Tahun 2012

Mardhatillah, Henra Saputra Tanjung. 2018. Pengaruh Penerapan Metode Crossword Puzzle Terhadap Keterampilan Sosial pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Suak Pandan. Bina Gogik, p-ISSN: 2355-3774. Volume 5 No. 2, September 2018 e-ISSN: 2579-4647

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja.

Mursilah. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. Volume 1, No. 1, Februari 2017: Page 37-47. ISSN 2549-1377 (Print) || ISSN 2549-1385 (Online)

Muslich, Masnur. (2012). Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nani Atul Mar’ah. 2016. Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Cooperative Learning di Kelas II SDN Inpres Sidoharjo Kecamatan Moilong Kabupaten Banggai. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 12 ISSN 2354-614X

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30