Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menemukan Ide Pokok Dari Teks Bacaan Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition
Kata Kunci:
hasil belajar; ide pokok; cooperative integrated reading and composition (CIRC).Abstrak
Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menemukan ide pokok dari teks bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan hasil belajar siswa dalam menemukan ide pokok dari teks bacaan melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); 2) aktivitas guru dan siswa dalam menemukan ide pokok dari teks bacaan melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); dan 3) respon siswa dalam menemukan ide pokok dari teks bacaan melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas III SD Negeri 1 Peusangan Selatan yang berjumlah 20 orang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menemukan ide pokok dari teks bacaan di kelas III SD Negeri 1 Peusangan Selatan dengan persentase ketuntasan tes pratindakan (20%), siklus I (40%) dan siklus II (85%), hal ini terbukti bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. 2) Aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus yaitu siklus I (68%), dan siklus II (92%) untuk aktivitas guru. Sedangkan untuk aktivitas siswa siklus I (68%) dan siklus II (92%). 3) Respon siswa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi menemukan ide pokok dari teks bacaan di kelas III SD Negeri 1 Peusangan Selatan dengan presentase siswa sangat setuju mencapai 100%.
Referensi
Afandi, M., Evi, C., & Oktarina, P. W. 2013. Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Penerbit Unissula Press. Semarang.
Aripiyah, N. 2006. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Bulakpacing 02 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal Dalam Materi Pecahan Melalui Bantuan Alat Peraga Benda Konkret. Skripsi. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta, Asdi Mahastya.
Fitria, D. R. 2013. Implementasi Strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Dan Menemukan Ide Pokok Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 1 Pule Tahun 2012/ 2013. Jurnal. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah. Surakarta.
Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi St andar Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shlomo, S. 2009. H andbook of Cooperative Learning (Inovasi Pengajaran & Pembelajaran untuk Memacu Keberhasilan Siswa di Kelas). Yogyakarta: Imperium.