Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Gaya

Penulis

  • Rayyan Rahmatillah Universitas Almuslim

Kata Kunci:

pemahaman siswa; mastery learning; gaya.

Abstrak

Rendahnya pemahaman siswa karena masih rendah, masih banyak siswa yang kurang memahami suatu materi pembelajaran. Penelitian bertujuan mengetahui 1) peningkatan pemahaman, 2) aktivitas guru dan siswa, 3) respon siswa melalui penggunaan Mastery Learning pada materi gaya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes, lembar aktivitas dan angket. Teknik analisis data melalui tes pemahaman belajar, tes observasi dan tes respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas IV melalui model Mastery Learning pada materi gaya sebesar 65% menjadi 75% sedangan pemahaman sebesar 66,67% siklus I meningkat menjadi 88,89% pada siklus II. (2) Peningkatkan aktivitas guru dan siswa pada materi gaya melalui model pembelajaran Mastery Learning di kelas IV SD Negeri 7 Gandapura sebesar 65,47% pada tindakan I siklus I dan tindakan II siklus I sebesar 73,93% meningkat menjadi 89,23% pada tindakan I siklus II serta 98,46% pada tindakan II siklus II untuk aktivitas guru. Sedangkan aktivitas siswa sebesar 65,98% pada tindakan I siklus I dan tindakan II siklus I sebesar 70,69% meningkat menjadi 82,65% pada tindakan I siklus II serta 97,95% pada tindakan II siklus II. (3) respon siswa pada materi gaya melalui model Mastery Learning di kelas IV SD Negeri 7 Gandapura sebesar 41,11% pada kriteria sangat setuju, 33,33% pada kriteria setuju, 15% pada kriteria kurang setuju dan 10,56% pada kriteria tidak setuju.

Referensi

Arikuto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka

Bustami.2016. Pengembangan Pendekatan Belajar Tuntas (Mastery Learning) dengan Pola Kelompok Ramedial untuk Meningkatkan Ketuntasan dan Motivasi Belajar Fisika pada Siswa SMPN 2 Sakti Kabupaten Pidie.Jurnal Pendidian Sains Indonesia.Vol 04.No. 02. Hal 1-5

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Irwandai. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Genaratif terhadap Pemahaman konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTS Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal lmiah Pendidikan Fisika.Vol. 04 (2). Hal 165-177

Moleong, L.J. 2012.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Murizal. 2012. Pemahaman konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidian Matematika. Vol 1 No. 1.Pratiwi.2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) terhdap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA’ Aisyiyah 1 Palembang. Jurnal Moosharafa. Vol. 6.No. 1. Hal 81-92.

Sugiyono. 2012. Model penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta

Wena. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sulistyanto. 2008. Pendidikan dalam Manajemen Suatu Konsep. Jakarta: Grasindo.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30