Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Pada Materi Bangun Datar Menggunakan Metode Picture And Picture

Penulis

  • Septia Dwi Yanna Universitas Almuslim

Kata Kunci:

picture and picture; hasil belajar; bangun datar.

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya hasil belajar siswa disebabkan kebanyakan siswa ketika pembelajaran berlangsung melakukan aktivitas diluar aktifitas belajar, seperti berbicara dengan teman sebangku, mengganggu teman-teman di belakang atau didepan bangku ketika proses belajar-mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada konsep Bangun Datar di Kelas V SD Negeri 1 Bireuen. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 1 Bireuen berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan tes, lembar observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan hasil tes, hasil observasi dan respon. Hasil Penelitian diperoleh bahwa (1) Hasil ketuntas belajar siswa pada siklus I diperoleh 64,52% dan siklus II diperoleh 87,10% mengalami peningkatan sebesar 30%. (2) Hasil aktivitas guru pada siklus I 75,197% menjadi 94,45% pada siklus II sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 75,27% menjadi 92,22% pada siklus II. (3) Hasil respon siswa pada model pembelajaran Picture and Picture pada materi materi Bangun Datar sudah sangat baik ini terlihat dari persentase senang pada jawaban angket yang diberikan guru sebesar 72,69% sedangkan tidak senang sebesar 27,31%. Hal ini menujukkan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada materi Bangun Datar sangat baik dalam menunjang pembelajaran di kelas.

Referensi

Ahmadi Khoiru. 2011. Pendidikan IPS Terpadu, Yogyakarta: Rineka Cipta.

Amirul Hadi, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Grasindo.

Dimyati, Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Rineka Cipta.

Gulo, W.2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.

Komaruddin, Ukim. 2009. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Moleong, Lexy. 2006. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nara H dan Siregar. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ningrum. 2013. Pengembangan Strategi Pembelajaran. Bandung: CV Putra Setia.

Robert E. Slavin, 2015. Cooperative Learning, Jakarta: Nusa Media.Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo.

Slameto, 2003, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Subana, 2006. Statistika Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman. 2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Grasindo.

Wijaya Kusumah, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Indeks.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30