Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Peran Ekonomi Dalam Kehidupan Masyarakat Menggunakan Metode Demontrasi
Kata Kunci:
hasil belajar; metode demonstrasi; macam-macam peran ekonomi dalam kehidupan masyarakat.Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi macam-macam peran ekonomi dalam kehidupan masyarakat di kelas V. Adapun solusi untuk mengatasi permaslahan tersebut dengan penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, Aktivitas siswa dan guru dan Respon siswa pada materi macam-macam peran ekonomi dalam kehidupan masyarakat menggunakan metode demonstrasi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian ini adalah hasil tes akhir dari evaluasi yang diberikan pada siswa, catatan hasil observasi, catatan lapangan, dan catatan hasil wawancara. Sumber data berjumlah 20 siswa. Teknik Pengumpulan Data adalah tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kognitif diperoleh sebesar 55% pada siklus I dan siklus II diperoleh 90%, hal ini peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 35%. Dengan demikian proses pembelajaran yang telah dilaksanakan menggunakan Metode demonstrasi dapat memperbaiki hasil belajar siswa. Persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 78,8% dan mengalami penigkatan menjadi 93% pada siklus II. Sedangkan peningkatan yang diperoleh rata-rata presentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 78,8% dan mengalami peningkatan menjadi 93% Pada siklus II. Hasil Respon siswa yang diperoleh dari hasil wawancara dengan siswa bahwa siswa menyukai pembelajaran dengan metode demonstrasi. Berdasarkan pembahasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa pada materi macam-macam peran ekonomi dalam kehidupan masyarakat di kelas V.
Referensi
Anitah, Sri dkk, 2012. Stategi Pembelajaran di SD, Tangerang Selatan: Universitas Tebuka, 2012.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran, cet.6, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Asnawir, Usman Basyiruddin, 2002. Media Pembelajaran, Ciputat Pers, Jakarta Selatan
Aunurrahman. 2011.Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta CV
Cecep, Kustandi dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Harjanto. 2000. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.
Harjanto. 2015. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.
Helmiati. (2010). Micro teaching: Melatih keterampilan dasar mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Kasmiati. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III Mi Al-Hikmah Batu Bota. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 9. ISSN 2354-614X
Maidiyah. E & Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas. Syah Kuala.
Richard Adony Natty, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni. 2019. Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 4 Tahun 2019 Halaman 1082-1092. Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu
Rina, Cut., TB. Endayani, Maya Agustin. 2020. Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al-Azkiya: Jurnal Pendidikan MI/SD Vol. 5 No. 2 Tahun 2020. ISSN: 2745-7656 (Print) 2527-8770 (Online)
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Prenada: Jakarta.
Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, cet.4, Jakarta: Kencana.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Syiful Bahri Djamarah, Aswan Zain, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.