Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Globalisasi di Sekitarku Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Kata Kunci:
hasil belajar; STAD; globalisasi.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi globalisasi di sekitarku melalui model pemmbelajaran kooperati tipe STAD. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 9 Jangka berjumlah 12 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi globalisasi disekitarku di kelas VI SD Negeri 9 Jangka. Persentase hasil tes akhir siswa pada siklus I mencapai 58,33% dan meningkat pada siklus II mencapai 91,67%. Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran sudah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dan siswa dalam kelompok terlihat sangat aktif dalam kelompok. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 80%, sedangkan aktivitas siswa hanya 73%. Pada pelaksanaan siklus II meningkatkan mencapai 85%, sedangkan aktivitas siswa mencapai 84%. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa siswa sangat senang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap materi globalisasi disekitarku, serta dapat memudahkan siswa dalam memahami materi.
Referensi
Aunurrahman.2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Erlangga.
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2006 Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.
Istarani & Muhammad Ridwan. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV. Media Persada.
Maidiyah.E & Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.
Moleong, L. J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Resdakarya.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Prenada Media Group.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, Robert E. 2005.Cooperatif Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya. Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Kencana. Jakarta.
Tim Penulis, 2013. Pedoman Penulisan Skripsi Edisi Revisi. Matangglumpangdua: Universitas Almuslim
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovative-Progresif. Surabaya: Kencana.