Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas V SD

Penulis

  • Yusniar Yusniar Universitas Almuslim

Kata Kunci:

kemampuan menulis; karangan narasi; model quantum teaching.

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang ditemukannya permasalahan di kelas V SD, dimana masih banyak siswa yang mendapatkan nilai rendah pada materi menulis karangan narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi, Aktivitas guru, aktivitas siswa dan Respon siswa menggunakan model Quantum Teaching pada Siswa kelas V SD. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif tipe deskriptif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil tes akhir dari evaluasi yang diberikan pada siswa, hasil observasi dan hasil wawancara yang dilakukan oleh pengamat. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan wawancara. Teknik Analisis Data dalam penelitian ini yaitu analisis hasil tes, hasil observasi kegiatan guru dan siswa dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Menulis Karangan narasi di kelas V SD. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang diperoleh pada siklus I dengan persentase 45% yang tuntas dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 90%. Hasil observasi terhadap aktivitas yang dilakukan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model Quantum Teaching pada materi Menulis Karangan narasi juga mengalami peningkatan, hal ini dapat diketahui dari aktivitas guru pada siklus I diperoleh persentase 79,4% dan siklus II menjadi 94% mengalami peningkatan sebesar 14,6%. Aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase 79,4% dan pada siklus II menjadi 94,4% mengalami peningkatan sebesar 15%. Hasil respon siswa juga menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Quantum Teaching sangat disenangi oleh siswa pada materi Menulis Karangan narasi.

Referensi

A, Cece. Wijaya. (1991). Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar. Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda karya

Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Di Sekolah. Dasar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Alwi Hasan, dkk. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen. Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Bobbi De Porter, Mark Reardon dan Sarah Singer Nouri 2005. Quantum Teaching (Terjemahan). Bandung: Kaifa.

Dalman. (2015). Menulis karya ilmiah. Depok: Rajagrafindo Persada.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah. Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.

DePorter, Bobbi. 2010. Quantum Teaching: Mempraktekkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hairudin, dkk. 2008. Bahan Ajar Cetak Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Dirjen Pendidikan tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Huck, C. dkk. 1987. Children Literature in the Elementary School. Chichago: Rand Mc Nally College Publishing Company.

Intan Nurfitriani, (2016) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Membaca Peta Lingkungan Setempat (Penelitian Tindakan Kelas Membaca Peta di Kelas IV B SDN Cicadas Barat Kota Bandung Tahun Akademik 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

Keraf, Gorys. 2005. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Keraf, Gorys. 2000. Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Muchlisoh, dkk. 1993. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 3. Jakarta: DEPDIKBUD.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam, 40 (2). 110-117.

Septi Rahmawati. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Siswa Kelas V SD Negeri Pilahan Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4, Nomor 1, September 2017, hlm. 268-272

Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Silalahi, Ulber. 2018. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama

Sugiono. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Suparno, dan Yunus Muhamad. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Syafi’ie, Imam. 1999. “Pengajaran Membaca di Kelas – Kelas Awal Sekolah Dasar”. Diseminasi. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pengajaran Bahasa Indonesia pada FPBS Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tarigan, H.G. 1985. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa

Trimansyah, Bambang, 1999. Cerita Anak Indonesia Kontemporer. Bandung: Penerbit Nuansa

Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30