MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR LEBIH MENINGKAT KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 GANDAPURA KABUPATEN BIREUEN

Penulis

  • Zulkarnaini Zulkarnaini
  • Yeni Idayanti

Abstrak

Dilatarbelakangi rendah hasil belajar membaca permulaan akibat tidak relevan pengalamannya dengan proses pembelajaran. Inilah menurunnya minat dan ketertarikan belajar. Bertujuan meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Gandapura. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) bersifat kualitatif. Data berupa hasil tes meliputi : tes awal, tes akhir tindakan setiap siklus, hasil observasi yang meliputi hasil observasi kegiatan guru dan siswa, wawancara dan catatan lapangan. Mereka berjumlah 24 orang sebagai sumber data. Hasil belajar pada siklus I menjadi 79,1%. Sedangkan siklus II meningkat lagi  87,5% siswa sudah tercapai kriteria ketuntasan. Selanjutnya ditinjau hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I yaitu guru yaitu 86,3 % dan siswa adalah 84,5%. Pada siklus II, guru mencapai 87,4%, sedangkan siswa adalah 85,8%. Inilah alternatif pembelajaran media kartu huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Gandapura.

 

Kata kunci: Meningkatkan, Kemampuan, Menulis Permulaan, Media Kartu huruf Bergambar.

Referensi

Arsyad, Azhar. 2013.Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.

Bukhari. 2010. Keterampilan Berbahasa Membacadan Menulis. Banda Aceh: PeNA.

Kasbollah, K dan Sukarnyana, I W. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

Kustandi, Cecep dan sutjipto,B. 2011.Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurjannah. 2013. Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Kartu Huruf Bergambar Siswa Kelas II SDN 5 SONI. Jurnal Kreatif Tadulako OnlineVol.4No.8.http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/1623. Diakses sabtu 02 Mei 2015

Rofi’uddin, A danzuhdi, D.1999. Pendidikan Bahasa dan Sastra Kelas Tinggi. DIKTI. Jakarta.

Tarigan, Djago,dkk. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Jakarta: Pusat penerbitan UT.

Tarigan, H.G. 2005.Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi. Bireuen: FKIP UniversitasAlmuslim.

Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam. Banda Aceh.

Yunus, Mohammad. dkk. 2007. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-06-08