PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGUBAH PECAHAN BIASA KE BENTUK DESIMAL DAN PERSEN DENGAN METODE DISCOVERY DI KELAS V SD NEGERI 1 PEUSANGAN
Abstrak
Rendahnya hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa merupakan suatu masalah yang terjadi di SD Negeri 1 Peusangan. Faktor yang membuat rendahnya hasil belajar siswa yaitu: (1) cara guru mengajar masih mengunakan metode ceramah, tanya jawab, sehingga siswa akan cepat jenuh dan bosan dalam pembelajaran, (2) pembelajaran masih bergantung kepada guru, karena hal ini siswa akan terus bergantung apa yang dipelajari, sehingga siswa akan cepat lupa, sebab siswa tidak menemukan sendiri jawaban apa yang diberikan guru. Oleh karena itu untuk meningkat hasil belajar, maka peneliti menggunakan metode discovery pada materi mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal dan persen pada kelas V SD Negeri 1 Peusangan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah PTK. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Peusangan yang berjumlah 20 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Subjek wawancara adalah 3 orang siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi hasil mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Kata Kunci: Metode Discovery, Hasil Belajar, Pecahan Desimal dan Persen.
Referensi
Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Herdian. 2010. Metode Discovery, (Online),
(http://www.herdy07.wordpress.com/2010/05/27/metode-discovery), diakses 26 Mei 2014.
Hujodo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Cet Ke-1. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press)
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Patilima, Hamid. 2011. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Jakarta: Alfabeta.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Roestiyah N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar, Cet Ke-7. Jakarta: Rineka Cipta.
Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat: Quantum Teaching.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Cet Ke-IV. Jogjakarta: Diva Press.
Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala