UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 NISAM PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN MENGGUNAKAN METODE STORYTELLING DENGAN MEDIA KOMIK
Kata Kunci:
Hasil Belajar Siswa, Model Story Telling, Daur Hidup HewanAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Nisam dalam pembelajaran khususya pada materi daur hidup hewan. Selain itu juga karena kegiatan pembelajaran di kelas yang dilakukan masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan pemberian tugas, sehingga motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran kurang baik. Penelitian ini menggunakan model Story Telling untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi daur hidup hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Story Telling pada materi daur hidup hewan di kelas IV SD Negeri 1 Nisam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil observasi yang dilakukan guru di kelas IV SD diperoleh nilai tes akhir siklus I 54%, karena belum mencapai kriteria yang ditetapkan maka harus dilakukan pengulangan siklus. Pada siklus II meningkat menjadi 91% dan telah mencapai kriteria yang ditetapkan. Hasil Observasi siklus I terhadap aktivitas guru diperoleh persentase 83% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92%. Sedangkan dari pihak siswa pada siklus I yaitu 84% naik menjadi 93% pada siklus II. Respon siswa belajar dengan model Story Telling menyatakan 90% dan siswa yang tidak senang belajar menyatakan 10%. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Story Telling pada materi daur hidup hewan mendapat respon yang baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Referensi
Rifai. A. 2010. Teknologi Pengajaran. Penerbit: Bandung Sinar Gorro Algosindo.
Anita, L. 2010 Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Saputro, A. D. 2015. Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran. Vol. 5 No. 1 ISSN. 2088-3390.
Ambaryani, G. S. A. Pengembangan Komik Untuk Efektivitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi. Vol. 3. No. 1.
Asnawir. M dan Usman, B. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Prees.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar.
Haryanto. 2008. SAINS untuk SD Kelas V. Jakarta: Penertbit Erlangga.
Krisnanto. 2010. Sains Kelas V Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Maidiyah, Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam Banda Aceh
Moleong, lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit: Universitas Diponegoro Semarang.: CV. Widya Karya Semarang.
Sudjana. N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Sudijono. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Gafindo. Persada.
Sugiyono dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.
Suprijono. 2010. Cooperative Learning. Pustaka pelajar. Yogyakarta
Tugiono. 2007. Alamku Sains Kelas V Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara