UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 GANDAPURA PADA MATERI SUMBER BUNYI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA khususnya pada materi sumber bunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa pada materi sumber bunyi melalui model pembelajaran Discovery Learning di kelas IV SD Negeri 7 Gandapura. Subjek penelitian siswa kelas IV berjumlah 18 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, obsevasi dan angket. Hasil penelitian diperoleh (1) Hasil analisis hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata keseluruhan hasil belajar pada materi sumber bunyi 61,11%, pada siklus II diperoleh rata-rata keseluruhan hasil belajar pada materi sumber bunyi 88,89%. (2) Hasil aktivitas guru pada siklus I diperoleh 69,45% dikategorikan kurang. Sedangkan Aktivitas siswa pada siklus I 69,58% dikategorikan kurang. Aktivitas guru pada siklus II diperoleh 91,11% dikategorikan sangat baik. Sedangkan pada aktivitas siswa pada siklus II diperoleh 90,42% dikategorikan sangat baik. (3) Hasil analisis respon siswa diperoleh keterangan bahasa bahwa secara umum siswa menyukai belajar IPA dengan model Discovery learning. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa memberikan respon sangat baik terhadap penerapan model Discovery learning pada materi sumber bunyi.
Referensi
Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Budiyono, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil belajar Siswa SMA. Didaktika Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains. Vol. 4, No. 2
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Jagantara. 2014. Pengaru Model Model Discovery Learning (Discovery Learning) Terhadap Hasil belajar Biologi ditinjau dari Sumber bunyi Belajar Siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana.Vol. 4.
Kristanti. 2016. Model Model Discovery Learning (Discovery Learning Model) pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 5 No. 2 Hal 122-128
Kunandar.2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyadi. 2015. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 4.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil belajar: Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Surya. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Syah Muhibbi, 2015. Psikolgi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Qadar.2015. Mengakses Aspek Afektif dan Kognitif pda Pembelajaran Optikal dengan Pendekatan Demontrasi Interaktif.Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol 2 No. 1
Wena. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Yuliati.2016. Peningkatan Hasil belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 2 No. 2