UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI PANTUN DI KELAS V MIN 49 BIREUEN

Penulis

  • Nurjannah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Abstrak

Hasil observasi penulis di MIN 49 Bireuen, ditemukan bahwa pada umumnya guru pembelajaran Bahasa Indonesia masih menerapkan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga berdampak rendahnya penguasaan konsep siswa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi pantun dengan model pembelajaran snowball throwing. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa, hasil observasi dan respon siswa. Sumber data adalah siswa kelas V MIN 49 Bireuen yang berjumlah 33 siswa. Setelah semua data terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis data kualitatif. Berdasarkan nilai hasil belajar siswa pratindakan (tes awal)  mencapai 27,27%. Sedangkan siklus I mencapai 42,42% dan siklus II 87,87%. Untuk tes aktivitas guru dari siklus I dan II yang dilakukan oleh dua pengamat dengan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 68,83% dan siklus II sebesar 91,42% berarti terjadi peningkatan sebesar 22,59%. Sedangkan untuk aktivitas siswa siklus I mencapai 63,14% selanjutnya siklus II  mencapai 87,77% berarti terjadi peningkatan sebesar 24,63%. Jadi dapat disimpulkan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan. Selain itu, respon siswa terhadap model pembelajaran snowball throwing mendapat respon yang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi pantun dengan model pembelajaran snowball throwing di MIN 49 Bireuen.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2004. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Erlita, 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Materi Sistem Pernafasan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kutablang Kabupaten Bireuen. Skripsi. Bireuen: Universitas Aluslim (tidak dipublikasi).

Faizah, 2016. Peningkatan Kemampuan Mengubah Teks Percakapan menjadi Karangan Narasi dengan Model Pembelajaran Example Non Example Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Blang Kabupaten Bireuen. Skripsi. Bireuen: Universitas Almuslim (tidak dipublikasi).

Fajriah. 2011. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Konvensional dengan Metode Demontrasi pada Konsep Gerak pada Manusia di SMP Negeri 1 Sawang. Skripsi. Bireuen: Universitas Almuslim ( tidak dipublikasi).

Fazlina, Nona. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya di Kelas IV SD Negeri 2 Lhoksukon. Skripsi. Bireuen: Universitas Almuslim ( tidak dipublikasi).

Fitriani. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kepahlawanan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing di Kelas IV SD Negeri 1 Jangka. Skripsi. Bireuen: Universitas Almuslim ( tidak dipublikasi).

Iskandarwassid, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Istarani.2011.58 Model Pembelajaran Inovatif .Medan : Media Persada

Irene, dkk. 2015. Bupena Untuk Kelas V. Jakarta: Erlangga.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Kosasih, E. 2008.Apresiasi Sastra Indonesia.Jakarta:Nobel Edumedia.

Muslich, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis bagi Guru Propesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas). Surabaya: Kencana Perdana Media Group.

Sardiman, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Ikapi: Cv Alfabeta.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Belajar, Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Menulis Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-03-30