PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS TINGGI SERTA BENTUK KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG TERKAIT DENGAN DEBIT

Penulis

  • Asrul Karim Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim
  • Nisrina SD Negeri 3 Percontohan Peusangan

Abstrak

Guru memiliki peranan penting dalam pencapaian hasil belajar matematika siswa SD. Kemampuan siswa di bidang matematika akan berkembang apabila guru memiliki kompetensi yang baik dalam mengelola pembelajaran, penguasaan materi pembelajaran, mendesain bahan ajar, penguasaan metode, dan bentuk bimbingan agar dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Hal ini tentu saja mensyaratkan calon guru harus memiliki pengalaman dalam pembelajaran matematika SD yang memadai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal cerita yang tekait pada materi debit. Penelitian dilaksanakan di kelas VB SD Negeri 3 Percontohan dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Wawancara dilakukan untuk mengungkap alasan-alasan siswa terhadap jawaban yang siswa berikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita setelah pembelajaran pada materi kecepatan dan debit. Berdasarkan analisis terhadap jawaban dan wawancara siswa diperoleh gambaran bahwa terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan siswa kelas VB SD Negeri 3 Percontohan adalah sebagai berikut: 1) terdapat kesalahan dalam menentukan dan menggunakan rumus; 2) terdapat bentuk kesalahan dalam mengubah satuan volume, satuan waktu, dan satuan debit; 3) terdapat kesalahan dalam menentukan hasil akhir.

Kata kunci: matematika kelas tinggi, soal cerita, debit

Referensi

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS.

Khoiri, M. 2016. Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Dengan Aktivitas Yang Banyak Permainan Dan Menyenangkan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, Volume 7, Nomor 1, Maret 2016, Halaman 31–35. [Online] http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/51

Suabarinah. 2006. Inovasi pembelajaran Matematika. Jakarta. Depdiknas

Suwangsih, E dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung. UPI PRESS

Tjalla, Awaluddin. 2010. Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-Hasil Studi Internasional. In: Temu Ilmiah Nasional Guru II: Membangun Profesionalitas Insan Pendidikan Yang Berkarakter dan Berbasis Budaya, 24-25 November 2010, Tangerang Selatan. [Online] http://repository.ut.ac.id/2609/1/fkip201047.pdf

Wahyuddin. 2016. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Verbal. Beta: Jurnal Tadris Matematika, Volume 9, Nomor 2, November 2016, Halaman 149 – 160. [Online] https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/9

Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Bandung. CV. Ipa Abong.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-09-30