PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENERAPAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PADA MIN BLANG MANE 1 KECAMATAN MATANGKULI KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci:
Profesionalisme Guru, Kepemimpinan, Pembelajaran EfektifAbstrak
Penelitian ini berjudul Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Penerapan Kepemimpinan Pembelajaran yang Efektif pada MIN Blang Mane 1 Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuanya untuk mengetahui peningkatan profesionalisme guru melalui penerapan kepemimpinan pembelajaran yang efektif pada MIN Blang Mane 1 Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, obsevrasi dan dokumentasi. Data Analisa data dalam penelitian ini akan dilakukan secara langsung berkesinambungan dari awal sampai akhir proses penelitian. Adapun proses awal analisis data yaitu: 1) Tahap perencanaan, 2) Tahap pengumpulan data, 3) Tahap pemisahan dan 4) Tahap penyelesaian. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi kepala MIN Blang Mane 1 Matangkuli Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara yang cukup efektif dalam menerapkan konsep Kepemimpinan Pembelajaran adalah malalui penerapan peran kepala madrasah sebagai emaslim. Penerapan peran Kepala MIN Blang Mane 1 Matangkuli Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara sebagai edukator dilakukan untuk menciptakan iklim yang kondusif, member nasehat kepada warga madrasah, member dorongan kepada seluruh guru, mengadakan karya wisata dan melaksanakan team teaching. Kegiatan yang dilakukan kepala madrasah adalah mengikutsertakan guru dalam berbagai pelatihan misalnya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Pembimbing (MGP), diskusi, seminar, lokakarya penyediaan sumber belajar dan menelusuri perkembangan informasi melalui media elektronik. Selanjutnya, Penerapan peran kepala MIN Blang Mane 1 Matangkuli Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara sebagai manajer, dilakukan dengan menggerakkan guna memberi kesempatan kepada guru untuk meningkatkan profesinya dan mendorong keterlibatan seluruh guru. Kegiatan yang dilakukan kepala madrasah adalah menyusun program madrasah baik jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek baik program akademis maupun non akademik.
Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Kepemimpinan, Pembelajaran Efektif
Referensi
Anwar, Idochi. A. Mochi. 2000. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan : Teori, Konsep. dan Isu. Bandung: Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu pendekatan Prakte., Jakarta: Rineka Cipta
Burhanuddin, Yusak. 2003. Administrasi Pendidikan . Bandung: Pustaka Setia
Fattah, Nanang. 2003. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Rosda karya
Hamalik, Oemar. 1996. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Indrawijaya, Ibrahim, Adam.1991. Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: lembaga Administrasi Negara
Makmun, Abin Syamsudin. 2003. Konsep Dasar dan Penilaian Kompetensi Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung: UPI Bandung
Moleong,Lexy,J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda karya
Mulyana, Dedi. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. E. 2002. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya
_______. 2007. Konsep dan Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Madrasah. Bandung: Pustaka bani Quraisy
Nurdin, Syarifuddin. 2003 Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum Jakarta: Quantum Teaching
Nurkolis. 2001. Manajemen Berbasis Sekolah . Jakarta: Gramedia
Pirdata, Made. 2010. Landasan Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬_________. 2011 Landasan Pendidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina, 1995 Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Siagin, Sondang. 2010. Fungsi- Fungsi Manjerial, Jakarta: Bumi Aksara
Siswanto, H.B. 2007. Pengantar Manajemen, Jakarta : Rineka Cipta
Supriadi, Desi. 1998 Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adi Cipta
Suryosubroto.2002. Proses Belajar di Sekolah. Jakarta:Rineka Cipta
Susilo, Joko, Muhammad. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Syarifuddin, Nurdin, BasyiruddinUsman. 2002. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulm. Jakarta: PT. Intermasa
Usman, Nasir. 1997. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Bandung, Mutiara Laut
Wahjosumidjo. 2000. Karakteristik Kepala Sekolah Tangguh. Surabaya: SIC