PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENERAPAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PADA MIN BLANG MANE 1 KECAMATAN MATANGKULI KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Aminah

Keywords:

Profesionalisme Guru, Kepemimpinan, Pembelajaran Efektif

Abstract

Penelitian ini berjudul Peningkatan  Profesionalisme Guru  melalui Penerapan Kepemimpinan Pembelajaran yang Efektif  pada MIN Blang Mane 1 Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara  Tahun  Pelajaran 2016/2017. Tujuanya untuk mengetahui  peningkatan  profesionalisme guru  melalui penerapan kepemimpinan pembelajaran yang efektif  pada MIN Blang Mane 1 Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara  Tahun  Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang  digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, obsevrasi dan dokumentasi.  Data Analisa data dalam penelitian ini akan dilakukan secara langsung berkesinambungan dari awal sampai akhir proses penelitian. Adapun proses awal analisis data yaitu:  1) Tahap perencanaan, 2) Tahap pengumpulan data, 3) Tahap pemisahan dan 4) Tahap penyelesaian. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan.    Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Strategi kepala MIN Blang Mane 1 Matangkuli Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara yang cukup efektif dalam menerapkan konsep Kepemimpinan Pembelajaran adalah malalui penerapan peran kepala madrasah  sebagai emaslim. Penerapan peran Kepala MIN Blang Mane 1 Matangkuli Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara sebagai  edukator dilakukan untuk menciptakan iklim yang kondusif, member nasehat kepada warga madrasah, member dorongan kepada seluruh guru, mengadakan karya wisata dan melaksanakan team teaching. Kegiatan yang dilakukan kepala madrasah  adalah mengikutsertakan guru dalam berbagai pelatihan misalnya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Pembimbing (MGP), diskusi, seminar, lokakarya penyediaan sumber belajar dan menelusuri perkembangan informasi melalui media elektronik. Selanjutnya, Penerapan peran kepala MIN Blang Mane 1 Matangkuli Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara sebagai manajer, dilakukan dengan menggerakkan guna memberi kesempatan kepada guru untuk meningkatkan profesinya dan mendorong keterlibatan seluruh guru. Kegiatan yang dilakukan kepala madrasah adalah menyusun program madrasah baik jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek baik program akademis maupun non akademik.

Kata Kunci :  Profesionalisme Guru, Kepemimpinan, Pembelajaran Efektif

References

Anwar, Idochi. A. Mochi. 2000. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan : Teori, Konsep. dan Isu. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu pendekatan Prakte., Jakarta: Rineka Cipta

Burhanuddin, Yusak. 2003. Administrasi Pendidikan . Bandung: Pustaka Setia

Fattah, Nanang. 2003. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Rosda karya

Hamalik, Oemar. 1996. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Indrawijaya, Ibrahim, Adam.1991. Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: lembaga Administrasi Negara

Makmun, Abin Syamsudin. 2003. Konsep Dasar dan Penilaian Kompetensi Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung: UPI Bandung

Moleong,Lexy,J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda karya

Mulyana, Dedi. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. E. 2002. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya

_______. 2007. Konsep dan Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Madrasah. Bandung: Pustaka bani Quraisy

Nurdin, Syarifuddin. 2003 Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum Jakarta: Quantum Teaching

Nurkolis. 2001. Manajemen Berbasis Sekolah . Jakarta: Gramedia

Pirdata, Made. 2010. Landasan Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬_________. 2011 Landasan Pendidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya, Wina, 1995 Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Siagin, Sondang. 2010. Fungsi- Fungsi Manjerial, Jakarta: Bumi Aksara

Siswanto, H.B. 2007. Pengantar Manajemen, Jakarta : Rineka Cipta

Supriadi, Desi. 1998 Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adi Cipta

Suryosubroto.2002. Proses Belajar di Sekolah. Jakarta:Rineka Cipta

Susilo, Joko, Muhammad. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Syarifuddin, Nurdin, BasyiruddinUsman. 2002. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulm. Jakarta: PT. Intermasa

Usman, Nasir. 1997. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Bandung, Mutiara Laut

Wahjosumidjo. 2000. Karakteristik Kepala Sekolah Tangguh. Surabaya: SIC

Published

2017-03-30