PENGARUH FLIPPED CALSSROOM TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA PGSD DALAM MATA KULIAH KONSEP DASAR SAINS
Kata Kunci:
Flipped Calssroom, Kemampuan Kognitif, Konsep Dasar SainsAbstrak
Kemampuan kognitif mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar sains terlihat masih kurang baik, hal ini terjadi karena banyaknya topik bahasan yang harus dipelajari dalam satu semester, sementara alokasi waktu dalam proses pembelajaran terbatas, oleh karena itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat yaitu dengan menerapkan flipped classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi flipped classroom terhadap perolehan kemampuan kognitif mahasiswa pada matakuliah konsep dasar sains. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen One Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Almuslim. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan strategi flipped classroom dan kelas kontrol dibelajarkan secara konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi flipped classroom memberikan pengaruh positif terhadap perolehan kemampuan kognitif mahasiswa. Perolehan hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi flipped classroom lebih tinggi secara signifikan dari pada perolehan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan secara konvensional.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Cartono. 2007. Metode dan Pendekatan Dalam Pembelajaran Sains. Bandung: SPS UPI.
Ekohariadi. 2009. Perkembangan Kemampuan Sains Siswa Indonesia Berusia 15 Tahun Berdasarkan Data Studi PISA. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Departemen PendidikanNasional.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Johnson, Graham.B . 2013. Student Perceptions Of The Flipped Classroom. Columbia: The University Of British Columbia. https://pdfs.semanticscholar.org/a3ae/d2f5af55e65124d3369c3a605313e16a8ef7.pdf[Diakses Pada 9 Januari 2017]
Milman, B, Natalie. 2012. The Flipped Classroom Strategy What is it and How Can it Best be Used?. Jurnal Internasional Volume 9, Issue 3 : The George Washington University.
https://8461cuttingedgetechteam.wikispaces.com/file/view/The+flipped+classroom+strategy.pdf. [Diakses Pada 12 Februari 2017]
PISA. 2000. The PISA 2000 Assesment of Reading, Mathematical and Scientific Literacy. [Online]. Tersedia:http://www.pisa.oecd.org/dataoecd/44/63/33692793.pdf. [26 Februari 2016].
Ridha, M, Punaji.S, Dedi. K. 2016. Pengaruh Flipped Mastery Classroom Terhadap Perolehan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No. 4: Hal. 655-661. Tersedia secara online EISSN: 2502-471X
Roehl, Amy,dkk. 2013. The Flipped Classroom: An Opportunity To Engage Millennial Students Through Active Learning Strategies. Jurnal Internasional Vol. 105. No. 2. 2013 JFCS.
http://www.trinitytoo.org/teachers/plescia/sophomore/Theology_10/Videos_files/Engaging%20Millennials.pdf[Diakses Pada 12 Februari 2017]
Sudjana.2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sukmadinata. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yulietri, F, Mulyoto, Leo,A.S. 2015. Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemamdirian Belajar. Jurnal TEKNODIKA, Vol.13 No. 2 (Jurnal Online) http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/teknodika/article/view/6792 [Diakses Pada 10 Januari 2017]