PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN ACEH BESAR

Penulis

  • Cut Nurul Fahmi Universitas Serambi Mekkah
  • Eli Nurliza Universitas Serambi Mekkah
  • Murniati AR Universitas Syiah Kuala
  • Nasir Usman Universitas Syiah Kuala

Kata Kunci:

supervisi akademik, kompetensi guru

Abstrak

Supervisi merupakan suatu aktivitas pembinaan yang di rencanakan untuk memberi pelayanan agar guru lebih professional dalam menjalankan tugasnya, dengan cara mengumpulkan data, kemudian data-data itu digunakan sebagai bahan pengolahan untuk menemukan masalah-masalah, kesulitan-kesulitan yang dapat di pakai sebagai dasar, untuk perbaikan serta peningkatan kinerja dan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi akademik di sekolah dasar di kabupaten aceh besar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dikumentasi. Prosedur penelitian dengan mengunakan reduksi data, display data dan verifikasi. Subjek penelitian kepala sekolah, guru dan pengawas sekolah. Hasil penelitian pelaksanaan supervisi akademik belum optimal disebabkan karena ada sebagian sekolah melaksanakan supervisi akademik hanya sebatas pemeriksaan sebagai kelengkapan administrasi saja, tidakk adanya pembinaan yang kontinu. Teknik yang di gunakan bersifat individual dan berkelompok, pelaksanaan supervisi oleh pengawas waktunya sangat singkat karena keterbatasan waktu, satu orang pengawas melakukan pembinaan sampai 10 sekolah, sehingga pelaknaan supervisi belum optimal.

Referensi

REFERENSI

Djailani AR. 2014. Supervisi Pendidikan : Petunjuk Praktis bagi Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru. Alfabeta: Bandung.

Keumarul. 2014. Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Negeri Grong-Grong Kabupaten Pidie. Tesis. Universitas Syiah Kuala.

Mustafa , Syaiful dan Jasmani. 2013. Suparvisi Pendidikan (terobosan baru dalam peningkatan kinerja pengawas sekolah dan guru). Ar- Ruzz Media: Yokyakarta.

Marhaban. 2015. Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri Tiga Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Tesis. Universitas Syiah Kuala.

Mujiam. 2014. Pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi proffesional guru di SMP Negeri kecamatan Kaway XVI kabupaten Aceh Besar. Tesis. Universitas Syiah Kuala

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 15 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Priansan dan Somad. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Alfabeta: Bandung.

Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan ( dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia). Rineka Cipta: Jakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-09-30