MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS ) SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP IT AZKIYA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Penulis

  • Muthmainnah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al-Muslim

Kata Kunci:

Keterampilan Proses Sains (KPS), Model Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa VII SMPIT Azkiya pada materi Pencemaran Lingkungan. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Azkiya tahun ajaran 2016/2017 sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa 23 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan kegiatan Keterampilan Proses Sains (KPS). Data yang dikumpulkan meliputi data aktivitas keterampilan proses sains siswa. Hasil pengamatan aktivitas Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada siklus I mencapai skor persentase 79,5% pada siklus II yaitu sebesar 89,5%. Artinya mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan aktivitas Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa sehingga dalam pembelajaran ini siswa lebih aktif dan kreatif dalam belajar.

Referensi

Abbas, Nurhayati. 2000. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Maasalah (Problem

Based Instruction) Dalam Pembelajran Matematika Di SMU. http://www.depdiknas.go.id/jurnal.

Rustaman, 2003. Model-Model Pembelajaran, PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sheizan. 2007.Pengertian IPA Forum SMPN 2 Bandung.Tersedia di : http://smpn2bdg.gettalk.net/t12-pengertian-IPA [1 Agustus 2012]

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-09-30