UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN ROMAWI DENGAN MENGGUNAKAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IVSD NEGERI 22 BANDA SAKTI
Kata Kunci:
hasil belajar, bilangan romawi, kooperatif tipe make a matchAbstrak
Bilangan romawi merupakan salah satu materi matematika yang diajarkan pada semester 2 kelas IV SD Negeri 22 Banda Sakti. Pembelajaran pada materi bilangan romawi selama ini belum dilaksanakan secara optimal sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran dikelas masih kurang aktif dan cenderung didominasi oleh guru. Oleh karena itu peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 22 Banda Sakti tahun ajaran 2016/2017. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes akhir tindakan disetiap siklus, observasi, wawancara, dan catatan lapangan.Setelah data terkumpul maka selanjutnya data ini diolah secara kualitatif. Pembelajaran Kooperatife Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 22 Banda Sakti pada materi bilangan romawi. Hasil tes siklus I 75% tuntas meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. Ini mengalami peningkatan sebesar 12,5%. Hasil observasi guru siklus I adalah 86,05% meningkat pada siklus II menjadi 95,55%, dan Ini mengalami peningkatan sebesar 9,5%. Sedangkan hasil observasi siswa siklus I adalah 83,85% meningkat di siklus II menjadi 86,5% ini mengalami peningkatan sebesar 2,65%. Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif teknik make a match adalah positif. Siswa menyukai model pembelajaran tersebut dan siswa termotivasi untuk belajar karena suasana pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe make a match menjadi menyenangkan
Referensi
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Jakarta: Deraptemen Pendidikan Nasional.
Dahar, RW. 1988. Teori-teori Belajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Maidiah.E & Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.
Mas Titing Sumarmi dan Siti Kamsiyati. 2009. Asiknya Belajar Matematika Kelas IV, Jakarta: Departemen Pendiddikan Nasional
Menteri Pendidikan Nasional. 2005. Undang-undang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005. Jakarta: Lembaran Negara RI Tahun 2005 Nomor. 157.
Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Muhammad Iqbal. 2007. Contoh Sripsi, Universitas Almuslim Matang Geulumpang Dua
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Subarinah, Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan