MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)

Penulis

  • Annisa Ulzuhkraini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Kata Kunci:

Hasil belajar, Realistic Mathematic Education (RME), pecahan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi pecahan, aktivitas siswa selama pembelajaran masih rendah sehingga untuk menangani masalah tersebut peneliti dilaksanakan dengan model pembelajaran Realistic MathematicEducation (RME). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa pada materi pecahan melalui model pembelajaran Realistic MathematicEducation (RME) di kelas III SD Negeri 3 Percontohan Peusangan. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data tes, lembar aktivitas dan wawancara. Teknik analisis data adalah analisis hasil belajar, analisis aktivitas guru, siswa dan analisis respon. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) Terdapat peningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan. Hasil tes siklus I 76,19 % tuntas meningkatkan pada siklus II menjadi 85,71 % . (2) Dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yaitu aktivitas guru siklus I  70,83%, meningkat pada siklus II menjadi 87,5% . Aktivitas siswa pada siklus I 70,83% menjadi 87,49 %. (3) Respon siswa terhadap model pembelajaran Realistic MathematicEducation (RME ) positif, siswa menyatakan senang belajar materi pecahan dengan model pembelajaran Realistic MathematicEducation (RME ), siswa lebih mudah memahami materi pecahan  dengan model pembelajaran Realistic MathematicEducation (RME ).

Referensi

Ahmad, S., Helsa, Y., & Ariani, Y. (2020). Pendekatan Realistik Dan Teori Van Hiele. Yogjakarta: Deepublish.

Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Anas.S. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, M. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Melalui Penerapan Model Realistics Mathematic Education (Rme) Siswa Kelas VI SD Negeri 8 Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Edukasi, Sains dan Teknologi (JEST), 1(1).

Asep,J.& Abdul,H. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Bahri,S. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Hamalik,O, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nadila, Y. (2020). Meningkatkan pengenalan warna melalui finger painting pada anak usia 4-5 tahun di paud permata bunda muaro jambi (Doctoral dissertation, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan). (Online), ( https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11283),diakses 01 Januari 2022.

Ningsih, S. (2014). Realistic mathematics education: model alternatif pembelajaran matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73-94.

Sudjana,N. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru

Priatna.N. 2019. Pembelajaran Matematika. Bandung: PT.Remaja Roksakarya.

Rahmaya, 2019. “Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pecahan Kelas III MIS Lamgugob Banda Aceh”. Skripsi. Aceh: UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Samino, Saring,M . 2010. Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukayati & Agus,S. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan nasional.

Sukayati. 2008. Pembelajaran Operasi Penjumlahan Pecahan di SD Menggunakan Berbagai Media. Jogjakarta: Departemen Pendidikan nasional.

Sukayati. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam Pembelajaran di SD. Jogjakarta: Departemen Pendidikan nasional.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-31