PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR MELALUI PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING DI KELAS V SD NEGERI 1 PEUSANGAN SELATAN

Penulis

  • Sari Anjani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim
  • Fatma Zuhra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Kata Kunci:

hasil belajar, kalor, mind mapping

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 1 Peusangan Selatan, aktivitas yang pasif dilakukan oleh guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar pada siswa. Adapun upaya yang peneliti lakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan teknik pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Peusangan Selatan, meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada materi perpindahan kalor dengan teknik pembelajaran Mind Mapping. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Peusangan Selatan yang berjumlah 17 siswa, sumber data diperoleh dari hasil observasi, angket respon siswa dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data persentase pada siklus I aktivitas guru pada dua tindakan diperoleh rata-rata 76% dan aktivitas siswa 74,5%. Hasil belajar siswa pada siklus I berjumlah 76%. Kemudian pada tindakan II persentase kegiatan guru rata-rata adalah 90% dan aktivitas siswa 87,5%. Keberhasilan hasil belajar siswa 94%. Hasil angket respon terhadap siswa yang setelah melakukan pembelajaran dengan teknik Mind Mapping adalah positif dengan persentase siswa 98,24% siswa menyukai pembelajaran dan mudah dipahami sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna pada diri siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor.

Referensi

Astriany, N. 2015.Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Mind Map Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Bekasi Utara. (Online), (http://repository.radenintan.ac.id/6847/1/SKRIPSI%20PDF.pdf), diakses 02 Januari 2022.

Buzan, T. 2008. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hisbullah. 2018 Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Sulawesi Selatan: Aksara Timur.

Iskandar. 2014. Perpindahan Panas. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Istarani. 2012. 58 model pembelajaran inovatif. Medan: Media Persada.

Istiqomah, R. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajarn IPA Kelas V SD Negeri 2 Sidoharjo Pringsewu, (Online), (http://repository.radenintan.ac.id/6847/1/SKRIPSI%20PDF.pdf), Diakses 15 Januari 2022.

Jihad, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Maidiyah, E. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Unsyiah: Banda Aceh

Nurmalawati. 2016. PenerapanInkuiripada Mata PalajaranFiqh di MTSN Kuta Baro Aceh Besar. JurnalMudarrisuna, Volume 6, Nomor 2, ISSN: 2089-5127 e-ISSN: 2460-0733 Hal 237, (Online), (https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/106). Diakses 9 februari 2022.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rafidah, S. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Keterampilan Proses Sains Pada Pokok Bahasan Kalor Di Mts Islamiyah Palangka Raya, (Online), (http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/864), diakses 15 Januari 2022.

Rahmawati, E. 2014. Pengaruh Mind Mapping dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 1 - Nomor 2 Hal 123, (Online), (https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/2524/2082), diakses 18 Juni 2022.

Rahmadhani, S. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Mind Mapping di SDN Manggarai 17 Pagi Tentang Bagian Tumbuhan dan Fungsinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 2 No. 1 Februari 2018: 89-106 ISSN. 2615-1960. Hal 102, (Online), (http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/121), diakses 17 Juni 2022.

Savitri, E. 2017. Implementasi Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPA Kelas I di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kabupaten Banyumas, (Online), (http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2823.) diakses 9 juni 2022.

Sapoetra, B. 2019. Efektifitas Penerapan Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal ELSE Volume 3 Nomor 2 Agustus 2019 P-ISSN: 2581-1800 E-ISSN: 2597-4122 Hal 87, (Online), (http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2632), diakses 18 Juni 2022.

Septatiningtyas, N. 2021. Pembelajaran Sains. Jawa Tengah: Lakeisha.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subagyo, R. 2016. Bahan Ajar Perpindahan Panas I HMKK 435. Program Studi Tehnik Mesin, Fakultas Tehnik Universitas Lambung Mangkurat, (Online), (https://mesin.ulm.ac.id/assets/dist/bahan/Perpindahan_Panas_1_full.pdf), diakses 21Juni 2022.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darusalam. Banda Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-31