UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS III SD NEGERI 7 GANDAPURA

Penulis

  • Ummi Yanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim
  • Jasmaniah Jasmaniah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Kata Kunci:

Discovery Learning, Hasil Belajar, Sifat-Sifat Bangun Datar

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun datar, hal ini disebabkan karena siswa masih kurang mengerti pada penjelasan guru, dan contoh-contoh soal yang diberikan guru sulit dipahami siswa. Sehingga peneliti menggunakan pembelajaran Discovery Learning. Tujuan dalam penelitian ini peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa pada materi sifat-sifat bangun datar menggunakan model Discovery Learning di kelas III SD Negeri 7 Gandapura. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Subjek penelitian berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes, lembar aktivitas dan format wawancara. Teknik analisis data dengan analisis ketuntasan dan analisis persentase jawaban siswa. Model pembelajaran Discovery Learning yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun datar. Hasil tes siklus I 71,42% tuntas meningkatkan pada siklus II menjadi 92,86% dan mengalami peningkatan sebesar 21,44%. Model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil obsrevasi dua orang pengamat menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I 75% meningkat pada siklus II menjadi 91,25%, sedangan aktivitas siswa pada siklus I 77,5% meningkat menjadi 92,5% pada siklus II.Respon siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning positif, siswa menyatakan senang belajar materi sifat-sifat bangun datar dengan model pembelajaran Discovery Learning, siswa lebih mudah memahami materi sifat-sifat bangun datar dengan model pembelajaran Discovery Learning, siswa juga mau jika materi lain diajarkan dengan pembelajaran model pembelajaran Discovery Learning.

Referensi

Anggraeni, W.S & Alpian, Y. 2020. Membaca Pemahaman dan Hasil Belajar Dengan Teams Games Tournament (TGT). Pasuruan, Jawa Timur. CV Penerbit Qiara Media.

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Linda Marlinda, 2017, Aplikasi Pembelajaran Trigonometri Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle, Skripsi STMIK Nusa Mandiri, Jakarta.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2013). Undang-undang nomor 53 Tahun 2015. Tentang Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Pada Jenjang Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Permendikbud

Kunandar. 2013. Penilaian Authentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik. Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Maidiyah dkk, 2008. Peneletian Tindakan Kelas, Banda Aceh : Darussalam

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahaju, Endah Budi, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Matematika Untuk SMP/MTS Kelas VIII (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2012. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada. Media Group.

Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Surya, Mohamad. 2015. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Trianto.2007. Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Yuliana Wali. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Pelestarian Hewan Dan Tumbuhan Langka (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Lengkong Besar 105/85 Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Dari: http://repository.unpas.ac.id/15428/2/abstrak%20bahasa%20indonesia.pdf.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-31