Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Turnaments (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar aktivitas guru dan serta respon siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian diperoleh melalui data hasil belajar, data aktivitas guru dan siswa dan data respon siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model Model pembelajaran TGT pada materi statistika siswa kelas VI tergolong dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari siklus I memperoleh persentase sebesar 67% dan yang tidak tuntas sebesar 33% dan pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 90% dan hasil yang tidak tuntas sebesar 10 % peningkatan terjadi sebesar 23%. Aktivitas guru dan siswa melalui model pembelajaran TGT pada materi statistika mengalami peningkatan pada aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 79,16% sedangkan aktivitas siswa memperoleh skor dengan persentase 77,9%. Selanjutnyat pada observasi aktivitas guru pada siklus II memperoleh persentase 93,33% sedangkan aktivitas siswa memperoleh skor dengan persentase 93,75%. Respon siswa terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran TGT pada materi statistika secara keseluruhan bahwa siswa menyukai proses pembelajaran pada materi-materi lain dengan menggunakan model pembelajaran TGT.
Referensi
Afifah, Nur. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Model Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Menggunakan Peralatan Kantor Kelas XI SMK Prayatna Medan. Medan : Skripsi Unimed
Amir, A. (2019). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Matematika. Logaritma,Vol. II, No.01
Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.
B. Aly. M. I, Kamoro. N. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Mia SMA Negeri 4 Pulau Morotai Kecamatan Morotai Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Agustus 2022, 8 (13), 544-551. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.6994771. p-ISSN: 2622-8327 e-ISSN: 2089-5364
Fatimah. 2009. Fun Math Matematika Asyik Dengan Metode Pemodelan. Penerbit DAR Mizan. Bandung
Hamdani, M.S., Mawardi, Wardani, K.W. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salaiga. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 3, Number 4 Tahun 2019, pp. 440-447. P-ISSN: 2579-3276 E-ISSN: 2549-6174 Open Access: ttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index
Jannah, M., Husniati, A., Sirajuddin. 2022. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia. DOI : https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i2.172 . Volume 1 No. 2 (2022) pp 89-98. e-ISSN 2809-4085. p-ISSN 2809-8749
Kiranawati. 2007. “Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)” (online), http://gurupkn.wordpress .com/2007/11/13/ metodeteamgames-tournament-tgt/, (diakses tanggal 12 Januari 2022jam 21.15 WIB).
Maidiyah. E & Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas. Syah Kuala.
Offirston, Topic. 2014. Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Jogjakarta: Deppublish
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusyanti, Hetti. 2014. Pengertian Pembelajaran Matematika. http://www.kajianteori.com/2014/02/pengertian-pembelajaranmatematika.html diakses pada tanggal 30 Januari 2022
Sari, N.P., Della, S., Agustina, F. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Group Tournament (TGT) Dengan Menggunakan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Batam. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, Vol 9, No 1, April 2022
Susilowati, Dwi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika – Vol. 02, No. 01 (Pebruari 2018)
Warsono, dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya