Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Guided Teaching Pada Materi Sumber Daya Alam

Penulis

  • Faizah M Nur Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh
  • Jumiati Jumiati Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh

Kata Kunci:

Guided Teaching; Hasil belajar; Sumber Daya Alam.

Abstrak

Observasi awal di SD Negeri 9 Peusangan ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran IPA pada materi sumber daya alam terdapat kelemahan-kelemahan, antara lain rendahnya hasil belajar siswa, kurangnya motivasi dan respon siswa dalam mengikuti pelajaran IPA. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes, observasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik persentase. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Guided Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 9 Peusangan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dalam belajar yaitu dari 50% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II. Selain itu, persentase aktivitas guru dan siswa meningkat pada setiap siklus. Aktivitas guru pada tindakan I siklus pertama 81% dan pada tindakan I siklus kedua 94%. Sedangkan aktivitas siswa, pada tindakan I siklus pertama 82% dan pada tindakan I siklus kedua 96%. Disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Guided Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Referensi

Anizar. 2016. Model Pembelajaran Guided Teaching Untuk Meningkatkan Partisipasi belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI. Vol. 2. No. 1. Hal 38-44.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: CV. Yrama. Widya.

Arikunto, Suharsimin. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Damyanti dan Mudjiono.1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbullah, 1997. Dasar-dasar ilmu pendidikan, jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Haryanto. 2008. Sains Untuk Sekolah Dasar . Jakarta: Erlangga

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: MediaPersada.

Khadijah. 2013. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Maidiyah, Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam Banda Aceh.

Moleong, lexy. J 1989. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Penerbit: Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Ruhimat.2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slameto,2010. Belajar dan faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Gafindo. Persada.

Sukardi, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono. 2010. Cooperative Learning. Pustaka pelajar. Yogyakarta

Suyono dan Harianto, 2013. Belajar dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Thobrani, Suprijono, 2009. belajar dan pembelajaran teori dan praktik. Bandung: Citapustaka Media.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-30