Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Tokoh Dalam Teks Fiksi Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament pada Siswa

Penulis

  • Rini Maulida Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh
  • Nurmina Nurmina Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh
  • Iskandar Iskandar Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh

Kata Kunci:

Kemampuan siswa; Teams Games Taournament; mengidentifikasi tokoh dalam teks fiksi.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendah kemampuan mengintifikasi tokoh dalam teks fiksi pada siswa kelas IV SD Negeri Kebun Baru. Penelitian bertujuan mengetahui 1) peningkatan kemampuan siswa, 2) aktivitas guru dan siswa, 3) respon siswa melalui penerapan Teams Games Taournament pada materi mengidentifikasi tokoh dalam teks fiksi di kelas IV SD Negeri Kebun Baru. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kebun Baru berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data tes, lembar aktivitas dan format wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya peningkatan kemampuan siswa pada tes awal sebesar 46,15% sehingga pada siklus I sebesar 69,23% meningkat menjadi 92,31% pada siklus II. (2) Adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa sebesar sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil aktivitas guru siklus I pengamat I sebesar 81,33% dan pengamat II sebesar 80% dengan niai rata-rata sebesar 80,6% sedangkan untuk siklus II pengamat I sebesar 94,66% dan pengamat II sebesar 96% dengan niai rata-rata sebesar 95,33%. Untuk aktivitas siswa pada siklus I siklus I pengamat I sebesar 78,66% dan pengamat II sebesar 77,33% dengan niai rata-rata sebesar 77,99% sedangkan untuk siklus II pengamat I sebesar 93,33% dan pengamat II sebesar 94,66% dengan niai rata-rata sebesar 93,99%. (3) Hasil respon siswa pada model pembelajaran Teams Games Tournament  pada materi mengintifikasi tokoh dalam teks fiksi sudah sangat baik, siswa sangat termotivasi belajar menggunakan model tersebut, khususnya pada materi yang telah diberikan peneliti.

Referensi

Ahmad. 2010. Ilmu pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Z. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama.

Djibran, Fahd. 2008. Writing is Amazing. Yogyakarta: Juxtapose.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Hamid. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa di MTs Negeri Dowora. Jurnal Boedukasi. Vol 2. No 2

Khairil. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Lukens, Rebeca J. 2003. A Critic al Handbook of Children’s Literature. Newyork: Longman

Nugroho. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Games Tournament) TGT Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bolavoli di Kelas SMAN 1 Panggul KabpatenTrenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga Vol. 01 No. 01

Nurgiyantoro, B. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press.

Maidiyah, dkk, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.

Moko. 2013. Entrepreneurship Dalam Perspekstif Kondisi Bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Rosidi, Imron. 2009. Menulis Siapa Takut Panduan Bagi Penulis Pemula. Yogyakarta: Kanisius.

Suparno, dan Yunus Muhamad. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka

Sartika. 2014. Pengaruh Model Tgt Disertai Permainan Dam Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Artikel Penelitian. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan Pontianak

Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Soleh, S. 2012. “Upaya Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar dengan Penggunaan Metode Teams Games Tournament dalam Pembelajaran Fiqh Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thobroni. 2008. Belajar & pembelajaran: Pengembangan wacana dan praktik pembelajaran dalam pembangunan nasional. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani,

Widayanti. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Scoralia. Program Studi PGSD-FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana.

Zulaikhoh, Siti. 2010. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament pada Pembelajaran PAI Materi Pokok Perilaku Terpuji Kelas IV Semester Genap di SDN 02 Wonosari Kendal”. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.

Zulkarnaini, Sumarno. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-30