UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI CARA-CARA MENGHADAPI BENCANA ALAM DI KELAS VI SD NEGERI 2 JULI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil hasil belajar siswa pada materi Cara-cara Menghadapi Bencana Alam masih rendah dibawah nilai KKM 66, dari 20 siswa yang memenuhi KKM hanya 4 siswa, dan 16 siswa masih di bawah KKM, nilai tertinggi 70, nilai terendah 45, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Juli pada matericara menghadapi bencana melalui strategi pembelajaran Inkuiri,untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan untuk mengetahui respon siswa kelas VI terhadap materi cara menghadapi bencana alam dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Juli berjumlah 20 orang siswa.Data diperoleh dari hasil tes, obsrevasi dan pemberian angket, pengumpula data meliputi data aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa.hasil penelitian menunjukkan hasil tes yang diberikan pada siklus I mencapai 85% siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai skor persentase rata-rata 94,45%, Sedangkan hasil observasi terhadap kegiatan siswa pada siklus I yaitu sebesar 90,90%. Dengan demikian menunjukkan belajar melalui strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan bermakna karena dalam pembelajaran ini siswa lebih aktif dan kreatif dalam belajar
Kata Kunci: Inkuiri, Hasil Belajar, Menghadapi Bencana Alam
References
Arikunto, S. Suhardjono. dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Aunurrahman, 2012.Belajar Dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Indrastuti. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 6 Untuk SD/MI Kelas VI.
Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajran Inovatif. Medan: Media Persada.
Johar, Rahman, dkk. 2006. Strategi belajar mengajar. Banda Aceh:Universitas Syiah Kuala.
Kasbolah.Kasihani. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang : Universitas Negeri Malang (UM PRESS)
Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosdakarya
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.
Sudjana N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rodakarya
Sugiyono.2013. Metode penelitian Kualitatif dan Rdan D. Bandung:Alfabete.
Supridjono Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Apliksi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif: Konsep, Landasan, danImplementasinya Pada KTSP. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.