PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRATION TERHADAP MATERI PEMERINTAH DAERAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 SETIA BAKTI
Abstract
Pembelajaran PKn di SD Negeri 5 Setia Bakti masih bersifat teoritik dan tidak relevan dengan kebutuhan siswa. Metode ataupun model belajar juga kurang memberikan reaksi belajar ke arah pencapaian tujuan pembelajaran. Lain dari itu, materi ajar tidak komunikatif dengan pengalaman lingkungan sekitar siswa. Inilah penyebab responsnya terabaikan selama pembelajaran. Maka merealisasikan materi pembelajaran memahami pemerintahan daerah pada mata pelajaran PKn dengan bantuan benda-benda konkret melalui metode Demonstration. Hasil belajarnya lebih optimal karena sesuai kebutuhan siswa. Adapun tujuan penerapan ini adalah untuk mengetahui: (a) peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Demonstration. (b) aktivitas guru dan siswa selama penerapannya. (c) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan respons siswa. Penelitian tindakan kelas (Class action research) diaplikasikan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, dan refleksi. Sumber data pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Setia Bakti, akan tetapi datanya dari hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis data diperoleh peningkatan terlihat hasil belajar siswa dari siklus I mencapai 58,33%, sedangakan siklus II memperoleh 91,66%. Oleh karena itu, motode Demonstration berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Setia Bakti.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pemerintahan Daerah, Demonstration
References
A. Ubaedillah dan Abdul Rozak. 2008 . Civic Education. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.
Arikunto S, Suhardjono, Supardi . 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aryani, Ine Kusuma dan Susantim, Markum. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor: Ghalia Indonesia.
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2007. Naskah akademik kajian kebijakan kurikulum mata pelajaran Pkn. Jakarta: Depdiknas
Bestari, Prayoga dan Ati Sumiati, 2008. PKn Untuk SD/MI .Jakarta: Aneka Ilmu.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran PKn SD & MI Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Istarani. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Media Persada
_______, 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Mulyasa, 2004. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Konsorsium 7 PTAI. 2009 . Bahan Perkuliahan Pembelajaran PKN SD/MI. Surabaya: LAPIS
Winarno, 2007. PKn Untuk SD/MI .Surakarta: Mediatama
Zainul Ittihad Amin. 2006 . Materi Pokok Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Universitas Terbuka