PERANAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
Abstract
Dalam sejarah perkembangannya, psikologi pendidikan pada dasarnya tidak akan terlepas kaitannya dengan proses pembelajaran. Salah satu keberhasilan proses belajar mengajar baik di tempat formal maupun informal sangat dipengaruhi oleh keberhasilan tenaga pendidik dalam melaksanakan peranannya dalam proses belajar mengajar terutama berhubungan dengan psikologi pendidikan. Dalam menyelenggarakan proses belajar-mengajar terdapat beberapa hal mengenai prinsip psikologi pendidikan yang harus diterapkan tenaga pendidik. Oleh karena itu peranan figur tenaga pendidik dalam hal ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran disekolah. Tenaga pendidik yang berkompeten dalam perspektif psikologi pendidikan adalah pendidik yang mampu melaksanakan profesinya secara bertanggung jawab, sehingga mampu menerapkan prinsip-prinsip psikologis dan semua yang berhubungan dengan psikologi pendidikan
Kata kunci: Psikologi Pendidikan, belajar-mengajar
References
Asri Budi Ningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
M. Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Suryabrata. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tirtarahardja, Umar dan Sulo, La. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta