IMPLEMENTASI PAKEM PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM DI KELAS V SD 54 BANDA ACEH

Authors

  • Muthmainnah Muthmainnah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan Sains di SD, seperti pada umumnya, memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian intelektual anak. pola pembelajarannya lebih banyak memberikan informasi tentang konsep-konsep materi sains yang dapat berupa fenomena-fenomena alam atau lingkungan sekitar, terminology konsep, atau tentang prinsip-prinsip dan hukum-hukum dalam sains. Perbaikan terhadap kualitas pembelajaran di kelas dan di luar kelas merupakan hal penting yang harus dilakukan secara kontinu seiring terus berkembangnya ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang menarik dan inovatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran PAKEM. Dimana  siswa dapat belajar dengan kondisi yang menyenangkan sehingga berdampak terhadap peningkatan kemampuan belajar siswa. Hasil implementasi PAKEM pada penelitian ini terdapat temuan yang positif. Diantaranya, siswa menjadi lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, siswa juga menjadi lebih aktif dan kreatif dalam menyelasikan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya. Direkomendasikan agar pengajar lebih kreatif dalam mengimplementasikan model-model pembelajaran agar siswa lebih semangat dalam belajar.

References

Cartono, M.T. 2007. Metode dan Pendekatan dalam Pembelajaran Sains. Bandung: UPI.

Darmodjo, H. dan Kaligis, R.E.J. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Pelajaran IPA SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Dhari. (1998). Metode Pembelajaran. Malang: Depdikbud.

Usman, M. Uzer. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2017-07-21