PRESTASI BELAJAR KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR DENGAN MENGUNAKAN ALAT BANTU DEKAK-DEKAK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 BIREUEN
Abstract
Penyelesaian masalah KPK dan FPB yang selama ini dilakukan sangat prosedural yaitu dengan menggunakan pohon faktor atau faktorisasi prima. Terkait belum optimalnya hasil belajar materi KPK dan FPB dalam pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 4 Bireuen, maka digunakan dekak-dekak sebagai alat bantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Perlakuan tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun subjek penelitian terdiri dari satu kelas IV yang berjumlah 26 siswa. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes awal, tes akhir, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Pembelajaran perlakuan tindakan pada materi KPK dan FPB dengan menggunakan alat bantu dekak-dekak terhadap siswa kelas IV SD. Hasil tes sebelum menggunakan dekak-dekak didapatkan sebesar 11,54% ketercapaian dari 26 siswa seluruhnya, sedangkan hasil belajar setelah menggunakan dekak-dekak mencapai 84,62%. Sementara hasil proses terhadap kegiatan guru perolehan persentase rata-rata 89,09%. Hasil observasi pengamat terhadap kegiatan siswa peroleh skor persentase rata-rata 85,4 %. Dari segi hasil dan proses, penelitian ini mencapai kriteria ketuntasan yang diberlakukan. Simpulan yang didapatkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan dekak-dekak dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi KPK dan FPB di kelas IV SD Negeri 4 Bireuen.
References
Bloom, B. S. 1956. Taxonomy of Educational Objectives, Handbook I: The Cognitive Domain. New York: David McKay Co Inc.
Em Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja. 2008. Kamus lengkap bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publiser.
Moleong. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Usman dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.