PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI ARUN MUARA SATU
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Quantum Teaching pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas V SD Negeri Arun Muara Satuâ€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil peningkatan belajar siswa dalam menyampaikan kembali materi sistem pernapasan manusia. Data dari penelitian ini adalah hasil tes, hasil observasi, hasil angket, hasil wawancara dan hasil catatan lapangan. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Arun yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data berupa tes awal, tes akhir setiap siklus, observasi, angket, wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data terdiri dari tiga yaitu, analisis hasil belajar siswa, data hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Arun Muara Satu dapat meningkat pada materi sistem pernapasan manusia. Hasil tes awal siswa mendapatkan skor dengan persentase ketuntasan 30%, dan siklus I 60%, sedangkan hasil tes pada siklus II meningkat menjadi 87%. Dari segi proses pada siklus I secara rata-rata aktivitas guru adalah 76,66% dan pada siklus II aktivitas guru secara rata-rata adalah 88,33%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I secara rata-rata adalah 73,33% dan aktivitas siswa pada siklus II adalah 91,66%. Di samping itu dari hasil wawancara yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa secara umum siswa sangat tertarik belajar sains dengan menggunakan model Quantum TeachingReferences
Abied. 2009. Quantum Teaching Sebagai Strategi BelajarMengajar. (online) http ://meetabied .wordpress .com. Diakses tanggal 5 Februari 2014
A’la, Miftahul. 2010. Quantum Teaching, Melejitkan Potensi Guru-Murid Seoptimal Mungkin. Jogjakarta: DIVA Press.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Aqib, Zaenal. 2010. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia.
Azmiyawati, Choiril, dkk. 2008. IPA Salingtemas Kelas V. Jakarta: PT Intan Pariwara.
Baihaqi dan Afriadi. 2011. Pengembangan Model-model Pembelajaran IPA. Bireuen: Universitas Almuslim.
DePorter, Bobbi, dkk. 2010. Quantum Teaching, Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Haryanto. 2006. Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas IV KTSP 2006. Jakarta: Erlangga.
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada.
Moleong. L. J. 2002. Metode Penelitian Kualitati.: Bandung: Rosda Karya
Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching.
Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sudijono,Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada (Rajawali Perss).
Shaleh, A.R. 2009. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syaodi, Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ubaidillah, Azka. 2010. Sistem Pernapasan Pada Manusia (Online) Azkaubaidillah.wordpress.com. Diakses tanggal 15 Februari 2014