UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 19 BIREUEN MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI DAUR AIR
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada guru dan siswa kelas V SD Negeri 19 Bireuen adalah masih rendahnya aktivitas yang dilakukan guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran, rendahnya respon siswa saat proses pembelajaran berlangsung serta masih rendanya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi dan memperbaiki permasalahan diatas pada materi perubahan wujud benda. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 19 Bireuen yang berjumlah 11 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,63%, dan pada siklus II sebesar 90,90%. Aktivitas guru pada Siklus I sebesar 84,46%, dan pada siklus II sebesar 93,33%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 82,08 % dan pada siklus II sebesar 90%. Respon siswa terhadap pembelajaran sudah cukup baik, dimana yang menyatakan senang sebesar 81,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Daur Air, meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta sudah berlangsung dengan baik serta mendapatkan respon yang baik dari siswa.References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.
Depotter, Bobbi. 2008. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Haryanto. 2006. Sains Kelas IV SD. Jakarta: Erlangga.
Wismono, Jaka dan Rianto. 2004 Gembira Belajar Sains 4 Untuk Sekolah Dasar
Kelas 4. Jakarta: Grasindo.
Moleong, Lexy J. 2008. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saktyowati, Dian. 2010. Panduan Pendidik Meningkatkan Mutu Pendidik Dalam Pembelajaran Sains. Jakarta: Ghina Walafafa.
Sudijono, Anas. 2005.Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Gramedia
Sudjana, Nana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Roskadarya
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yokyakarta: Pustaka Belajar.
Downloads
Published
2017-07-21
Issue
Section
Artikel