PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 3 GANDAPURA PADA MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri 3 Gandapura pada materi perjuangan para tokoh pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan, hal ini disebabkan pembelajaran siswa belum bermakna, berpusat pada buku teks, hal ini cenderung siswa belajar pada tingkat kemampuan berpikir pada pengetahuan tingkat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa, aktivitas guru dan siswa, respon siswa pada materi Perjuangan Para Tokoh Dalam Mempertahanankan Kemerdekaan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di Kelas V SD Negeri 3 Gandapura. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan angket. Peningkatan hasil belajar kognitif  yang diperoleh sebesar 65% pada tindakan I dan tindakan II diperoleh sebesar 85%, hal ini peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 20%. Dengan demikian proses pembelajaran yang telah dilaksanakan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dapat memperbaiki hasil belajar kognitif kognitif siswa. Peningkatan yang diperoleh rata-rata presentase aktivitas guru pada tindakan I sebesar 84,38% dan mengalami peningkatan menjadi 97,50 pada tindakan II. Sedangkan peningkatan yang diperoleh rata-rata presentase aktivitas siswa pada tindakan I sebesar 84,38% dan mengalami peningkatan menjadi 97,50 pada tindakan II. Hasil analisis respon siswa pada grafik di atas diperoleh bahwa respon siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan guru sudah sangat baik, serta model pembelajaran tersebut dapat diterima dengan baik oleh siswa. Selain itu, siswa juga termotivasi pada saat belajar menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw.
Kata Kunci: Â Hasil belajar kognitif, Kooperatif tipe Jigsaw, Materi Perjuangan Para Tokoh Dalam Mempertahanankan Kemerdekaan
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka: Jakarta.
Daryanto. 2010. Belajar dan mengajar. Yrama Widya: Bandung.
Ernawati. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Belajar Kelompok (Learning Group) Pada Pembelajaran PKn Kelas V SDN 1 Palasa. Jurnal Kreatif Online Tadulako Vol. 1 No. 1.
Hamzah. 2009. Evaluasi Kesesuaian Model Keperilakuan dalam Penggunaan. Teknologi Informasi di Indonesia. Universitas Trunojoyo.
Ibrahim. 2003. Pembelajaran Kooperatif. Unesa University Press: Surabaya.
Mayulu. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Masalah Sosial Melalui Metode Inquiry Di Kelas IV Sdn 9 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan. Gorontalo: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Hal. 1-15.
Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung
Nurtanto. 2015. Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif Siswa Di SMK. Jurnal Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Purwanto, N. 2011. Psikologi Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya: Bandung
Slameto. 2003. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta
Sudjana. N. 2009. Penelian Hasil Belajar Proses Belajar MengajarPT Remaja: Rosda Karya. Bandung.
Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta
Suparno. 2001. Membangun Kompetensi Dasar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta
Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Pustaka Belajar: Yogyakarta
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana. Jakarta
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Prestasi Pustaka Publisher: Jakarta.
Winarno. 2012. Pengaruh lingkungan belajar dan motivasi berprestasi Terhadap hasil belajar siswa kompetensi keahlian Teknik otomasi industri di sekolah menengah kejuruan Negeri 2 Depok Yogyakarta. Jurnal Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta