PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 2 GANDAPURA

Authors

  • Fachrurazi Fachrurazi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Desi Safriyanti Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, aktifitas guru dan siswa serta respon siswa pada pembelajaran pecahan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dikelas IV SD 2 Gandapura. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Gandapura berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan adalah tes, lembar observasi dan format wawancara. Teknik analisis data adalah tes hasil belajar, tes aktifitas guru dan siswa dan tes wawancara siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: (1) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, pada siklus 1 sebesar 50% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu mencapai 91%. Terdapat peningkatan aktivitas belajar mengajar antara guru dan siswa telah berlangsung dengan baik. Ini terlihat dari hasil observasi guru siklus 1 sebesar 89,56% meningkat pada siklus II sebesar 97%. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus 1 adalah 88,69 meningkat pada siklus II sebesar 96%. Selain itu setelah semua kegiatan pembelajaran dilakukan, penggunaan pendekatan pembelajaran RME pada pokok bahasan pecahan ternyata dapat respon positif dari siswa.

 

Kata Kunci: Komunikasi Matematis Siswa, Pendekatan RME, Aktivitas guru & Siswa, dan Respon Siswa

References

Dimyati & Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamalik, O. 200. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hendriana, H., dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Refika Aditama.

Heruman, 2007. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hulukati, E.2014. Matematika Realistik.Yogyakarta:Deepublish

Wahyuni, S. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: TIM MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika

Warso, 2017. Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Cendekia

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Published

2020-08-26